Ziarah Makam Tradisi Lebaran

0
52

Gragepolitan.com – Setelah melakukan Aktifitas selama 1 bulan berpuasa dan diakhiri dengan sholat Idul fitri masyarakat Kampung Pala, RT 17 RW 02, Desa Patra Sana Kabupaten Tangerang setelah sholat Idul Fitri mereka bermaaf maafan setelah itu bersama sama ziarah kemakam keluarga.

Seperti halnya tradisi di Desa Patrasana, JR Mahrup mengatakan kalau di kampung Pala Desa Patrasana acara Jiarah kemakam turun menurun di lakukan ini bukti penghormatan kepada leluhur dan seluruh keluarga yang telah tiada.
Tardisi ini sudah dari saya kecil sudah di lakukan, “insya allah akan terus di terapkan kepada anak cucu saya dan juga pada masyarakat kampung Pala Desa Patrasana, agar mereka nanti tahu dari mana keluarga mereka di mana kuburannya serta bisa berdoa bersama sama,” ujar Jr Mahrup.

Menurut Ustd Oyo Jiarah kubur yang di lakukan masyarakat dikampung Pala merupakan adat budaya dan tradisi yang turun temurun di lakukan dari dulu dari saya kecil sudah di lakukan.

Lanjut Ustad Oyo Setelah Solat Idul Fitri selain bermaaf maafan dengan sanak keluaraga dan tetangga, dilanjutkan dengan jiarah kubur.

Jiarah kubur ini jadi ajang silahturahim antar keluarga kumpul semua agar mereka tau asal muasal orang tuanya, dari mana turunan, serta satu sama lain kenal dengan keluarganya,”ungkapnya.

Saya berharap dan mengajak agar budaya jiarah kubur seperti jni jangan sampai punah sebab ini amat penting dan agar terus di perkenalkan pada anak cucu kita,”harapnya. (Andrian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here