Ziarah Kubur dan Berkah Ramadhan Lebih Awal Bagi Para Pedagang Bunga

0
298

ZIARAH kubur sebelum memasuki bulan suci Ramadhan sudah menjadi tradisi di tengah masyarakat muslim tanah air, termasuk di Cirebon. Kehadiran para peziarah tersebut di sisi lain tentunya membawa berkah tersendiri bagi para pedagang bunga (kembang) yang biasa mangkal di sekitar tempat pemakaman umum (TPU).

Seperti halnya di Kota Cirebon, salah satunya di TPU Jabang Bayi yang terletak di Jalan Kesambi Raya Kota Cirebon. Sejak beberapa hari lalu, para pedagang bunga di sini, mengaku mengalami kenaikan pembeli meski memang tak seramai tahun lalu.

Kondisi tersebut terutama akibat mewabahnya Virus Corona (Covid-19) saat ini. Di mana, jumlah pembeli menurun namun menjelang Ramadhan ini tampak sedikit menggeliat.

“Allhamdulilah kami mendapat berkah dari datangnya bulan suci Ramadhan ini. Dibanding sepekan lalu, kini pembeli bunga untuk ziarah mulai berdatangan,” kata Meli salah satu pedagang bunga di depan TPU Jabang Bayi, Kamis (23/4/2020).

Ia menyebutkan, dalam setiap harinya pedagang bunga di TPU Jabang Bayi sepertinya, buka mulai Pukul 05.00 WIB pagi dan tutup Pukul 21.00 WIB. Sejak pengunjung atau pembeli meningkat, kini dirinya dalam sehari bisa mengantongi pendapatan hingga Rp 600.000.

Sementara itu, pantauan gragepolitan dan PRTV Cirebon, sejumlah pembeli yang hendak berziarah tampak mulai berdatangan di sekitar TPU Jabang Bayi. Sebelum memasuki area makam, terlebih dahulu mereka berbelanja bunga di kios-kios bunga yang ada.(Cepy/gragepolitan/PRTV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here