Waspadai Menghalalkan Segala Cara, Pilkades Kalibunder Tercoreng Money Politic

0
444

Gragepolitan, SUKABUMI– Praktik money politic dalam upaya memenangkan suara pemilih diduga terjadi pada pemilihan kepala desa (Pilkades) Kalibunder Kec Kalibunder Sukabumi. Modusnya seorang tim sukses dari salah satu calon kades mendatangi calon pemilih untuk kemudian memberikan sejumlah uang.

Diperoleh informasi, aksi money politik diduga dilakukan BJ seorang tim sukses dari calon kades 04. Kejadiannya pada Minggu (10/11/2019) sekira Pukul 18.30 WIB. Di mana pelaku mendatangi rumah NR seorang calon pemilih di Kampung Cipeundeuy Dusun Sukasari.

BJ saat itu memberikan uang Rp 20 000 seraya memberikan juga stiker bergambar foto calon 04. Aksi BJ tersebut kemudian sampai ke telinga tim sukses dari calon lainnya.

Tak ayal hal ini pun kemudian dilaporkan anggota tim lain tersebut kepada Panitia Pilkades Kalibunder. Dari situ dengan disaksikan Babinkamtibmas, pada Selasa malam para calon dipertemukan untuk membuat kesepakatan baru.

Namun sangat disayangkan meski alat bukti atas aksi tersebut kini sudah diamankan, panitia sama sekali tak memberikan sanksi. Mereka hanya meminta agar pelanggaran yang terjadi tak diulang kembali.

Ironisnya, kejadian serupa kembali terulang pada Jumat (15/11/2019) yang juga diduga dilakukan dari tim calon 04. Di mana seseorang berinisial KN sekira Pukul 21.00 WIB mendatangi rumah MA seorang tokmas di Kampung Longkewang dengan memberikan sejumlah uang.

Namun oleh MA, pemberian uang tersebut ditolak mentah-mentah bahkan dirinya dikabarkan sempat mengusir meminta pelaku KN untuk pergi saat itu juga.

Sementara itu, saat persoalan tersebut dikonfimasi ke pihak panitia, Ketua Panitia Pilkades Kalibunder, Herman Suherman, mengatakan, pihaknya sudah mengumpulkan para calon. Hasilnya dibuat penguatan kesepakatan baru.

“Tapi untuk dugaan money politik pada Jumat malam, kami panitia belum mendapat laporannya,” kata Herman saat dihubungi, Sabtu (17/11/2019).

Sementara disinggung, ada tidaknya panitia pengawas, Herman menyatakan pada pilkades saat ini tak ada pengawas. Karena panitia pilkades tersebut lah sekaligus sebagai pengawas.

Sekedar informasi, Pilkades Kalibunder akan digelar pada Minggu (17/11/2019) besok. Sebanyak empat calon siap berssing untuk mendapat raihsn suara terbanyak. Masing-masing Oyo Kostaman (01), Dede Adang Rustandi (02), Budi Hartono (03) dan Didih Supriadi (04).(Aryo/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here