Waspada Mobil Murah akumobil di GCM, Warga Datangi Dealer. LPPM Honda: Kami tak Ada Kerjasama

0
421

Gragepolitan, CIREBON – Sejumlah konsumen peminat mobil murah yang ditawarkan akumobil di Grage City Mall (GCM) Cirebon terkesan ragu dengan program Flash Sale akumobil yang digelar 22-28 Juli 2019. Salah satunya dengan mendatangi Dealer LPPM Honda Cirebon di Jln Kesunean untuk mengklarifikasi harga mobil yang diincarnya.

“Kami sama sekali tak ada kerjasama dengan akumobil yang saat ini tengah menggelar event di GCM. Hal ini pun kami sampaikan kepada warga yang sempat mengklarifikasi membawa bukti menjadi peserta pada program akumobil di GCM,” ujar Supervisor LPPM Honda Cirebon, Bowo Raharjo kepada gragepolitan dan PRTV Cirebon, Jumat (26/7/2019).

Namun demikian, Bowo mengungkapkan, jika sebelumnya pihak akumobil yang menggelar event di GCM telah membeli mobil jenis Brio dari dealernya dengan harga normal. Unitnya warna merah dan langsung dibawa saat itu juga.

Menurutnya, pihak dealer tidak tahu apakah mobil tersebut dipajang buat display event akumobil di GCM, atau bukan.

“Coba saja lihat ada tidak mobil Brio warna merah di acara itu. Kami tidak tahu menahu hal lainnya karena memang tak ada kerjasama dengan mereka. Begitupun dari kantor pusat, dealer kami tidak bekerjasama,” paparnya.

Sementara itu, penanggungjawab event akumobil di GCM belum bisa dimintai keterangannya perihal event program Flash sale tersebut. Dari keterangan seorang sales/petugasnya, Abbi, mengaku saat itu pimpinannya masih belum pada hadir di lokasi acara.

“Direksinya banyak, tapi mereka belum ada yang hadir. Biasanya nanti di atas Pukul 13.00 WIB mereka tiba di sini,” ujarnya.

Sedangkan terkait program Flash Sale akumobil tersebut, dikatakannya, merupakan program promosi akumobil yang akan membuka dealer secara online. Melalui acara di GCM tersebut, setiap orang berkesempatan mendapatkan mobil dengan harga murah.

“Caranya, peminat mendaftar sambil menyerahkan foto copy KTP/SIM dan menyerahkan uang Rp 1 juta. Jika mereka beruntung saat diundi menang, berarti berhak dapat mobil murah. Kalau gagal saat diundi, uang peserta Rp 1 juta akan dikembalikan dalam 14 hari kerja,” katanya.

Menurutnya, bagi mereka yang menang, unit mobil akan diserahkan dalam 30 hari kerja sejak diumumkan sebagai pemenang. Sedangkan untuk sepeda motor dalam 14 hari kerja.

“Selama even berlangsung, pengundian dilakukan setiap Pukul 16.00 WIB dalam setiap harinya. Jumlah yang beruntung rata-rata 4 orang bahkan bisa lebih,” pungkasnya.

Sebelumnya, seorang konsumen peserta akumobil event di TSM Bandung, Ny Fi, mengaku hingga kini belum mendapatkan unit mobil yang dijanjikan pihak akumobil. Padahal, waktu dari event tersebut kini sudah melebihi 30 hari kerja.

“Sebelumnya dijanjikan tanggal 5 Juli, kini mundur lagi menjadi 2 Agustus. Ya saya was-was juga, tapi mudah-mudahan benar,” katanya.

Terpisah, Direktur Operasional akumobil, Nurul Hudni Farid, mengatakan, murahnya harga mobil/sepeda motor yang ditawarkan pihaknya karena adanya dana subsidi yang dikeluarkan perusahaan. Sumbernya berasal dari dana promosi perusahaan yang kemudian diberikan langsung (subsidi) kepada customer pembeli kendaraan selama roadshow berlangsung.

“Begini, setiap perusahaan itu kan punya dana promosi. Nah ini yang menjadi sumber kami, di mana sebesar-besarnya dana promosi ini langsung diberikan kepada customer sehingga mobil/sepeda motor yang mereka inginkan harganya jauh lebih murah. Namun demikian, tentu tidak semua pembeli, tetapi melalui pengundian dalam setiap harinya,” papar Farid kepada gragepolitan dan PRTV Cirebon, Minggu (28/7/2019).

gragepolitan//: Direktur Operasional akumobil, Nurul Hudni Farid

Ia menyebutkan, memang setiap customer yang mengajukan pembelian mobil, mereka diharuskan membayar dana Rp 1 juta untuk surat pemesanan kendaraan. Namun jika nama mereka tak beruntung saat diundi, dalam 30 hari kerja semuanya utuh dikembalikan.

“Jadi ini promosi awal akumobil. Di mana cara kita langsung kepada customer yakni melalui sisitem subsidi. Atau bisa dikatakan hanya memberikan dana promosi kita kepada customer,” katanya.

Sedangkan, terkait ketersediaan unit kendaraan, Farid mengatakan, untuk di Cirebon pihaknya terus melakukan penjajakan. Adapun di Bandung, selain telah memiliki sejumlah showroom seperti di Jalan Sadakeling dan Jl Moh Ramdan, akumobil telah banyak bekerjsama dengan dealer lainnya.

Sementara itu, pihaknya menangkap jika animo masyarakat saat ini untuk memenuhi kebutuhan akan mobil begitu tinggi. Hanya saja, kerapkali terhambat sistem pengajuan kredit yang panjang secara offline.

“Karenanya masyarakat tentu membutuhkan sistem yang mudah untuk pengajuan mobil ini,” ujarnya.

Tak hanya ratusan mobil dan sepeda motor baru beragam jenis dan merk, secara umum, Akumobil sebenarnya menyediakan pula layanan untuk pembelian mobil bekas dan tukar tambah dari rumah. Pembelian sendiri bisa dengan cara kredit maupun tunai, dengan cara mengakses Akumobil.id.

“Allhamdulilah selama sepekan sejak tanggal 22 di Cirebon, akumobil disambut antusias masyarakat. Bagi mereka yang beruntung, tinggal menunggu proses penyerahan unit saja sebagaimana telah ditentukan. Seperti pada lebih dari 250 customer di Bandung, kami telah menyerahkan kendaraan yang mereka pesan,” pungkasnya. (TIM/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here