UNBK SMA/SMK Serentak Senin Ini, Laporkan Jika Ada Siswa Tak Ikut Karena Biaya

0
653
ilustrasi/net/gragepolitan

Gragepolitan, CIREBON – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK serentak digelar Senin (1/4/2019) besok. Terkait hal ini setiap sekolah didesak untuk mengizinkan siswa yang belum membayar atau melunasi biaya administrasi untuk tetap bisa mengikuti UNBK tersebut.

Komisi D DPRD Jawa Barat (Jabar) meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar untuk mengeluarkan instruksi ke sekolah-sekolah. Tujuannya untuk menjamin seluruh siswa agar tetap bisa mengikuti ujian.

“Belum membayar biaya administrasi atau apa pun itu namanya, bukan alasan untuk siswa tidak bisa ikut UNBK,” ujar Ketua Komisi V DPRD Jabar, H. Syamsul Bachri, di Cirebon, Sabtu (30/3/2019).

Ia menyebutkan, tak dipungkirinya belakangan ini DPRD Jabar telah menerima keluhan dari para orangtua siswa terkait jaminan anaknya untuk bisa mengikuti UNBK. Apalagi ada laporan di beberapa tempat, pihak sekolah berani mengancam tidak akan menyertakan siswa yang belum membayar iuran administrasi.

“Kalau benar, ini kan sudah keterlaluan,” katanya.

Menurutnya,situasi tersebut sangatlah tak baik dan sama sekali tidak mendidik. Dampaknya bisa mengganggu konsentrasi siswa dalam menghadapi UNBK itu sendiri. Karenanya, pihaknya meminta jangan sampai akhirnya mengorbankan siswa dalam hal ini.

“Jika ada yang belum bayar, pihak sekolah bisa melakukan pendekatan kepada orang tua siswa tanpa harus mengorbankan siswa. Sekolah bisa menggunakan berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut dan tidak perlu sampai membuat kebijakan yang berdampak fatal bagi masa depan siswa,” pintanya.

Untuk menjamin seluruh siswa di Jabar bisa ikut UNBK tanpa terkendala, lanjutnya, Komisi D akan melakukan pengawasan ketat. Dimulai dari kelas XII setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang jadwal UNBKnya berlangsung mulai tanggal 1-8 April 2019 ini.

Komisi D DPRD Jabar yang di antaranya membidangi masalah pendidikan sudah membicarakan soal jaminan seluruh siswa SMA bisa ikut UNBK dengan Kepala Disdik Jabar, Dewi Sartika.

“Silakan seluruh siswa mengikuti UNBK. Sudah ada jaminan. Jangan pikirkan soal administrasi,” tandasnya.(dk/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here