Tradisi Dugdag Keraton Kasepuhan, Cara Wali Songo Ajak Masyarakat Sambut Ramadhan

0
473
gragepolitan

MENYAMBUT datangnya bulan suci Ramadhan 1438 H, tepatnya tanggal 30 Sya’ban atau Jumat (26/5), Keraton Kasepuhan menggelar tradisi dugdag. Tradisi ini bukan hanya biasa dilaksanakan akhir Syaban saja, tetapi akan terus berlangsung tiap hari sepanjang bulan Ramadhan hingga memasuki bulan Syawal nanti.

“Selama bulan Ramadhan, tradisi dugdag ini akan terus digelar dengan tujuan untuk membangunkan sahur. Adapun tempatnya yakni di Masjid Sang Cipta Rasa,” ujar Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, Jumat (26/5).

Tradisi dugdag sendiri mempunyai arti berbeda dari memukul bedug biasa. Bunyinya yang bertalu-talu dan dimainkan lebih lama dari memukul bedug biasa dengan waktu hingga mencapai 1 sampai 3 jam. Tradisi ini sering dipakai para wali untuk menandakan waktu masuk shalat, begitupun dugdag ini dilaksanakan sebagai tanda untuk mengingatkan masyarakat bahwa telah memasuki bulan Ramadhan.

“sejak jaman dulu sebelum adanya media televisi, radio, dan lain-lain, masyrakat menandakannya dengan tradisi dugdag ini,” terang Sultan.

Ia menjelaskan, selain acara dugdag malamnya kemudian diadakan Shalat Taraweh berjama’ah dan berturut dirangkai dengan Tadarusan di Langgar Alit.

“Para Wali Songo saat itu, bagaimana mereka mengajak masyarakat untuk mengerjakan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan. Seperti shalat sunnah, shalat traweh, shalat malam, termasuk juga dzikir, baca do’a dan Al-qur’an,” paparnya.

Adapun nama bedung ini, disebut Bedug Sangmagiri yang telah berusia puluhan tahun. Bedung Sangmagiri dulunya sering dipukul untuk menandakan waktu masuk shalat akan tetapi untuk sekarang sudah jarang, yang hanya dipukul jika ada acara-acara tertentu saja.

“Dalam Bulan Ramadhan kali ini, kita perihatin karena kemarin ada kejadian bom dijakarta dan ada demo yang melibatkan antar agama. Saya berharap di Bulan Ramadhan ini semuanya cooling down, semuanya tafakur, saling mengkaji diri dan perbanyak beribadah kepada ALLAH SWT,” pungkasnya.(Sony/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here