Tolak Bonus THR Rp 500 ribu, Puluhan Ribu Buruh Sepatu Nike Gelar Aksi Mogok dan Demo Besar-besaran

0
6733
ist

Gragepolitan.com, SUKABUMI – Puluhan ribu buruh PT Pratama Abadi  Industri JX Sukabumi (Nike), menggelar aksi mogok kerja sekaligus demo besar-besaran di halaman pabrik setempat di Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Desa Titisan Kec Sukalarang, Senin (28/5/2018).  Aksi mereka dipicu kebijakan manajemen yang dengan semena-mena memberi bonus tunjangan hari raya (THR) secara sepihak rata hanya Rp 500 ribu kepada para karyawannya.

Pantauan gragepolitan.com di lapangan, aksi unjuk rasa yang dimotori Serikat Pekersa Seluruh Indonesia (SPSI) dan beberapa oragnisasi buruh tersebut, hingga berita ini diturunkan masih berlangsung. Tampak aparat kepolisian dan sekuriti pabrik menjaga ketat aksi mereka.

“Kami tidak butuh uang gope (Rp 500 ribu-Red). Ini jelas pihak perusahaan telah melanggar peraturan yang selama ini telah jelas mengatur tentang bonus THR untuk kami para buruh. Masa antara yang masa kerjanya misalnya satu tahun, sama dengan yang sudah di atas 5 tahun, diberi bonus THR Rp 500 ribu,” teriak Enda seorang buruh peserta aksi seraya diamini rekan-rekannya.

Menurut mereka, aksi tersebut akan terus berlanjut selama tidak ada jawaban apsti dari pihak manajemen perusahaan. Apalagi selama ini dinilai mereka cukup banyak hal lain yang dilakukan perusahaan jelas-jelas melanggar peraturan ketenakerjaan.

Persoalan bonus THR, dikatakan mereka, menjadi puncak dari akumulasi keklesalan para buruh. Terutama akibat kebijakan bonus THR tersebut sama sekali tidak mengacu pada UU ketenagakerjaan.

“Untuk bonus THR itu kan, mestinya didasarkan kepada presentase masa kerja setiap karyawan. Bukan disamaratakan dengan jumlah ditentukan secara sepihak hanya Rp 500 ribu. Ini jelas telah melanggar peraturan,” tansanya.

Dalam tuntutannya, para buruh mendesak agar pihak perusahaan meninjau kembali kebijakan pemberian bonus THR tersebut. Mereka juga meminta agar pemerintah dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan atau Kementerian Tenaga Kerja RI segera turun tangan membantu para buruh.

Sementara itu, hingga kini belum ada pernyataan atau tanggapan resmi dari pihak Nike. Begitupun dari pihak pemerintah menyusul gelombang aksi demo besar-besaran para buruh di Sukabumi tersebut. (dk/gragepolitan)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here