Taman Gentong dan Edukasi Disabilitas KKN Mahasiswa UPI Bandung di Cirebon

0
233

KEBERADAAN Taman Gentong yang dalam beberapa tahun terakhir sempat menjadi maskot/identitas dari Desa Waru Royom Kec Depok Kab Cirebon, kini menggeliat kembali. Bahkan melebihi sebelumnya, taman yang menjadi kebanggaan warga setempat tersebut kini dilengkapi fasilitas buat penyandang disabilitas.

Adalah sekelompok Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mereka menjadikan Taman Gentong Desa Waru Royom sebagai obyek pengabdiannya kepada masyarakat.

“Sesuai Tema KKN kami yakni ‘Edukasi Disabilitas’, salah satunya kami berupaya melengkapi Taman Gentong ini dengan fasilitas penyandang disabilitas. Begitupun kami melakukan kerja bhakti membersihkan dan merapihkan taman ini. Allhamdulilah semuanya tak lepas dari kerjasama pemerintah desa setempat dan partisipasi warga,” ujar Ketua KKN UPI Bandung Kelompok Waru Royom dari Fakultas Manajemen Pemasaran Pariwisata, Ghani Fadhilah didampingi Sekretaris KKN Waru Royom, Widia Qurota Ayuni Mahasiswi Fakultas Pendidikan Geografi UPI Bandung disela kerja bhakti di Taman Gentong Desa Waru Royom, Minggu (28/7/2019).

Ia menyebutkan, selain penambahan fasilitas untuk penyandang disabilitas di Taman Gentong, mereka juga melakukan berbagai hal terkait penyandang disabilitas. Di antaranya melakukan sosialisasi Posyandu tentang disabilitas, membuat karya seni bersama anak disabilitas SLBN Pangeran Cakrabuana, pendampingan masyarakat disabilitas dan puncaknya nanti pada perayaan Agustusan mengagendakan pameran hasil karya seni anak disabilitas.

Selain itu, lanjutnya, mereka juga melakukan kegiatan lainnya seperti menghias madrasah Al-Huda desa setempat. Begitupun secara rutin menggelar rutin kegiatan keagamaan berupa Ashar Mengaji.

Lalu untuk tingkat Kecamatan Depok, mereka juga menggelar beberapa kegiatan. Seperti Seminar Parenting  untuk orang tua dari anak disabilitas, FGD tentang pendidikan Inklusif, Pemeriksaan kesehatan untuk penyandang disabilitas, dan Pentas Seni anak disabilitas.

“Sebelumnya mengawali KKN 40 hari di Desa Waru Royom ini kami bersama-sama melaksanakan survey dan pendataan masyarakat disabilitas. Harapannya dengan hadirnya kami di sini, semoga warga di desa ini semakin peka dan tumbuh kesadarannya dalam membantu dan menghargai penyandang disabilitas,” paparnya.

Berikut nama-nama, Mahasiswa UPI Kelompok KKN Waru Royom yang bahu membahu bersama warga setempat melakukan kegiatan dalam pengabdiannya kepada masyarakat.

  1. Ghani Fadhilah ( Manajemen Pemasaran Pariwisata), 2. Dan Muhamad Ramdani ( Pendidikan Seni Rupa), 3. M. Rizal Wungkana ( Ilmu Keolahragaan), 4. Yudha Triantoro ( Kepelatihan), 5. Lisma Dianita ( Bimbingan Konseling), 6. Sri ‘Adilati Sa’adah (Pendidikan Tata Boga), 7. Annisa Indrasari Saputri ( PGSD), 8. Afifah Miftah El Jannah ( Pendikan Khusus). 9. Susi Suhartinah ( Pendikan Bahasa Sunda), 10. Widia Qurota Ayuni (Pendidkan Geografi).(dk/gragepolitan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here