Sebastian Bach dan Kiprahnya Bersama Skid Row

0
261

Sebastian Bach  Lahir pada 3 April 1968 dengan nama Sebastian Philip Bierk di Freeport, kepulauan Bahama. Dia memulai karirnya sebagai anggota dari band Kid Wikkid.

Para anggota Kid Wikkid berdomisili di Peterborough. Saat mendengar sebuah band dan tidak mempedulikan usia mereka, Bach yang baru berusia 14 tahun ikut audisi untuk grup, dan dengan sukses dipekerjakan oleh pemain gitar dan pimpinan band, Jason Delorme. Kid Wikkid pulang kembali ke Toronto, dan ayah Bach akhirnya memperbolehkan Bach pindah dengan salah satu bibinya.

Skid Row awalnya dibentuk pada pertengahan 1980an dengan penyanyi utama Matt Fallon. Mereka mulai bermain di berbagai klub New Jersey. Fallon tidak lama kemudian meninggalkan band pada 1987, meninggalkan Skid Row tanpa seorang penyanyi. Bach terlihat tengah menyanyi di pernikahan fotografer rock Mark Weiss pada usia 18 tahun, dan para anggota memintanya untuk bergabung di awal 1987.

Pada 1991, Bach dikritik karena memakai sebuah T-shirt dengan tulisan “AIDS Kills Fags Dead”. Kemudian dia mengklaim dia menulisnya tanpa membacanya terlebih dahulu, yang dilemparkan padanya oleh seorang penggemar. Walaupun dia tidak menjelaskan insiden itu di permintaan maafnya (menyatakan dia juga diolok-olok oleh seseorang yang meniru kematian neneknya dengan kaos “Cancer Kills Granmas Dead”), Bach telah meminta maaf dan melayangkan sebuah pernyataan, “itu sangat bodoh dan salah bagi saya untuk mengenakan kaos itu selama satu jam setengah dalam hidup saya. Tak seorang pun akan sampai pada tahun 2000, saat saya dalam Jekyll & Hyde, dan dalam sebuah lelang untuk Broadway Cares, saya menyumbangkan uang saya sendiri sebesar $12.000 untuk melawan AIDS.”

Bach akhirnya dipecat saat dia memesan sebuah pertunjukan dimana Skid Row akan membuka untuk Kiss pada 1996. Para anggota band lainnya mengingatkan pada Bach bahwa Skid Row terlalu besar untuk menjadi band pembuka dan bahwa mereka tidak akan melakukan pertunjukan. Bach kemudian meninggalkan sebuah pesan di mesin penjawab rekan seband mengatakan padanya bahwa anda tidak pernah terlalu besar untuk membuka untuk Kiss. Rekan seband Rachel Bolan juga memiliki sebuah proyek sampingan, sebuah band punk bernama Prunella Scales yang bermain di saat bersamaan dengan pertunjukan Kiss yang direncanakan. Perselisihan antara Bach dan anggota band lainnya pada akhirnya membuatnya meninggalkan Skid Row. Cukup ironis, empat tahun kemudian, Skid Row adalah salah satu band pembuka untuk the 2000 Kiss Farewell Tour, tanpa Bach.

Pada 1996, Bach membentuk sebuah band rock bernama The Last Hard Men, dengan gitaris Frogs Jimmy Flemion, gitaris utama The Breeders Kelley Deal, dan drummer Smashing Pumpkins Jimmy Chamberlain. Grup ini merekam sebuah album penuh, self-title untuk Atlantic Records, yang kemudian memilih untuk tidak merilisnya. Pada 1998, album ini dirilis di label Kelley Deal, Nice Records, dengan tanpa pemberitahuan dan cetakan yang sangat terbatas dengan 1000 CD. Hal ini dapat dibeli hanya melalui mail order.

Pada 1999 Bach merilis album solo debutnya Bring ‘Em Bach Alive!, rilisan pertamanya setelah kepergiannya dari Skid Row. Album ini adalah album live yang terdiri dari lagu-lagu Skid Row dari era Bach; namun, juga menyertakan lima lima rekaman studio baru termasuk single “superjerk, Superstar, Supertears”. Pada 2000, bach mulai tampil di produksi Broadway. Dia membuat debut Broadway dengan peran judul Jekyll & Hyde pada April 2000. Dia juga muncul sebagai Riff Raff di The Rocky Horror Show pada 2001. Pada 28 Nopember 2001 Bach muncul di New York Steel, sebuah konser amal yang dilakukan sebagai respon dari 9/11.

Pada awal 2002, dia menjadi pembawa acara dari Forever Wild-nya VH1. Pada Oktober tahun yang sama, Bach dikontrak untuk tampil di produksi tur nasional dari Jesus Christ Superstar, memainkan peran bersama veteran JCS Carl Anderson. Sebuah video dari penampilan live berjudul Forever Wild dirilis pada Juni 2004. Pada tahun yang sama, dia mengulang peran itu di pertunjukan lain dari Jekyll and Hyde.

Pada 2003, Bach mencoba audisi untuk Velvet Revolver sebelum band memilih Scott Weiland, tapi ditolak karena, menurut Slash, “Kami bersuara seperti Skid Roses!”. Dari 2003 hingga 2007, Bach mendapatkan peran di acara tv WB, Gilmore Girls sebagai “Gil”, gitaris utama di band Lane Kim, Hep Alien. Para anggota Bach Tight Five (sebuah proyel yang dibentuk oleh Bach pada 2004, tapi secara singkat dibubarkan tidak lama kemudian) tinggal dengan Bach dan keluarganya seperti yang didokumentasikan di I Married …Sebastian Bach-nya VH1, salah satu seri “I Married …”. Para bintang juga meliputi Dee Snider, dari Twisted Sister. Pada 2005, Bach bekerja sama dengan Henning Pauly untuk menjadi penyanyi di album Frameshift berjudul An Absence of Empathy, yang dirilis pada April 2005. Dia direkomendasikan pada Henning oleh James LaBrie-nya Dream Theater.

Pada 12 Mei dan 14 Mei 2006 di pertunjukan pemanasan Guns N’ Roses di Hammerstein Ballroom di New York City, Bach ikut Axl Rose di panggung untuk lagu “My Michelle”… Dia ikut lagi dengan Rose dan kawan-kawan untuk ketiga kalinya di malam selanjutnya (15 Mei) untuk menyayikan “My Michelle” sekali lagi. Dia juga ikut mereka untuk pertunjukan Pre-Donwload Festival mereka di the Apollo Hammersmith, London, menyanyikan My Michelle. Rose memperkenalkan Bach dengan mengatakan bahwa keduanya memperbaiki pertemannan mereka di minggu-minggu sebelumnya setelah 13 tahun tidak berbicara. Pada 4, 9 & 11 Juni dia ikut Rose lagi di panggung di the 2006 Gods of Metal Festival (Milan), Download Festival masing-masing di RDS Dublin dan di Donington. Pada 23 September 2008, dia ikut Axl di panggung sekali lagi di KROQ-FM’s Inland Invasion festival di California untuk membawakan “My Michelle”.

Bach membintangi dengan Ted Nugent, Evan Seinfeld, Jason Bonham dan Scott Ian di acara VH1 Supergroup pada Mei 2006. Para musisi itu membentuk sebuah band bernama Damnocracy untuk reality show, selama itu mereka tinggal di sebuah mansion di Las Vegas selama 12 hari dan menciptakan musik. Dia mengumumkan sebuah rekanana label rekaman dengan EMI untuk secara bersama menciptakan sebuah label yang dimiliki oleh Bach, termasuk albumnya, Angel Down, yang dirilis pada 20 Nopember 2007. Bach juga merekam vokal latar untuk lagu “Sorry” di album Guns N’ Roses yang lama tertunda, Chinese Democracy, yang dirilis pada November 2008. Dia menghabiskan musim panas 2008 bermain dengan Poison dan Dokken.

Bach melakukan tur sebagai aksi pembuka untuk “Chinese Democracy Tour”-nya GNR pada 2009-2010, dan membawakan “My Michelle” dengan Axl Rose di Quebec City pada 1 Februari 2010. Pada 5 Januari 2011, dia tampil di Jimmy Fallon Show-nya NBC dalam sebuah penampilan live dan sebuah video dari “We Are The Ducks”, sebuah lagu balada yang ditulis untuk University of Oregon Ducks, yang dimainkan di kejuaraan nasional BCS pada Senin, 10 Januari 2011. Pada 2011, Bach diwawancarai oleh band metalcore Inggris Asking Alexandria di ediai Maret/April daro Revolver. Band itu adalah penggemar Skid Row dan membawakan ulang dua lagu mereka. Pada tahun yang sama, Bach membawakan Youth Gone Wild dengan band itu secara live di Revolver Golden Gods Award dan Rock on the Range. Bach juga difilemkan di video musik mereka “Closure”.

Bach mengisi suara Prince Triton, putra pemberontak King Neptune, di episode SpongeBob SuarePants, “SpongeBob and the Clash of Triton” (Juli 2010). Pada 15 Juni 2011, Bach mengungkapkan judul album solo berikutya adalah Kicking & Screaming. Pada 8 Juli 2011, judul lagu, tata artistic dan judul single pertama diungkapkan. Album itu dirilis pada 27 September 2011 untuk Amerika Utara dan seluruh dunia dan 23 September 2011 untuk Eropa di Frontiers Records. Pada 13 Agustus 2012, Nick Sterling dipecat oleh Bach setelah menulis untuk menandatangani sebuah persetujuan untuk tampil di sebuah acara tv terbuka. Sterling dilaporkan oleh Bach menyalahi aturan karena mengkonsumsi alcohol sebelum acara itu. Bach menyatakan-di sebuah wawancara radio bahwa Nick tidak diijinkan di Kanada karena kecelakaan yang berkaitan dengan alkohol – “Nick mendapatkan beberapa masalah hukum, yang berhubungan dengan alcohol, di Arizona. Dimana dia tinggal.” Sterling kemudian digantikan oleh Jeff George.

Pada 30 April 2013, Bach menegaskan via Twitter bahwa sebuah album studio baru dalam pengerjaan. Dia mengatakan bahwa Bob Marlete akan kembali sebagai produser. Bach memilki kolaborasi untuk album ini dengan John 5, Duff McKagan, dan Steve Stevens. Pada 13 januari 2014, Give ‘Em Hell diumumkan dengan rencana perilisan pada 22 April 2014. Dia juga muncul di dua episode Trailer Park Boys dari musim 2014 mereka. Pada 2014, Bach menyelesaikan tur Give ‘Em Hell-nya dan pada 2015, Bach melakukan tur lainnya dengan judul tur “18 and LIVE”.

Sebastian Bach lahir di Kepulauan Bahama dan dibesarkan di Peterborough, Ontario. Pada suatu ketika, dia tinggal di Red Bank, New Jersey. Pada Agustus 2011 rumah New Jersey-nya rusak oleh Hurricane Irene dan dianggap tidak bisa dihuni lagi. Beberapa artifak Kiss dan Skid Row, termasuk master tape Skid Row, hancur tapi seni ayahnya, buku komik, dan gargoyle Kiss dari tur 1979 mereka dapat diselamatkan. Bach mulai mengencani Maria Aquinar di pertengahan 1980an dan pasangan itu memiliki seorang putra, Paris, pada 1988. Bach dan Aquinar menikah pada Juli 1992 dan memiliki putra lainnya, London, pada 1994. Pasangan ini bercerai pada September 2010. Pada Desember, Bach mulai mengencani model Minnie Gupta dan keduanya bertunangan pada April 2012 tapi mengakhirnya pada akhir 2014. Pada 28 Desember 2014 Bach bertunangan dengan Suzanne Le setelah berkencan selama dua bulan. (Andrian)

From : Metal Edge

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here