SDN Karyamulya 2 Kota Cirebon Diproyeksikan Ikut Adiwiyata

0
1329
gragepolitan: Kepsek SDN 2 Karya Mulya Kota Cirebon tengah memperlihatkan inovasi penghijauan di sekolahnya, Selasa (15/11).***

Cirebon, GRAGEPOLITAN-Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karya Mulya 2 Kota Cirebon menjadi salahsatu sekolah yang diproyeksikan mengikuti program Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Karenanya, langkah penghijauan sekolah merupakan inovasi mereka dengan mengkombinasikannya dengan sejumlah program lainnya.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Karya Mulya 2, Hj. Apriani Dinni Siti Nurbaini, S. Ag,M.Pd.i, mengatakan, setiap inovasi yang dilakukan semuanya berorientasi pada kemajuan sekolah yang dipimpinnya. Baik dalam upaya peningkatan kualitas akademik maupun non akademik.

“Untuk program penghijauan kami telah membuat hidroponik, yakni membudidayakan tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Nah berawal dari program inilah, kemudian sekolah kami diproyeksikan untuk ikut dalam program Adiwiyata, salah satu program yang digagas KLH,” paparnya, Selasa (15/11).

Ia menyebutkan, selain bermanfaat tentunya program tersebut juga juga bernilai ekonomi tinggi. Dimana nanti hasil panen selain dapat dinikmati juga bisa dijual yang pada akhirnya ada pemasukan untuk sekolah.

Menurutnya, tak hanya itu hasilnya nanti bagus untuk dikonsumsi karena mengandung zat gizi, khususnya vitamin dan mineral yang lengkap untuk memenuhi syarat kebutuhan gizi.

“Sedangkan menyangkut pembinaan keagamaan, pada setiap hari Jum’at para siswa didik melakukan kegiatan baca Surat Yassin yang bertempat di Mushola. Mereka juga mengikuti tadarus Al’Quran dan membaca Asmaul Husna yang dilaksanakan sesaat sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Penguatan keagamaan dalam bentuk sholat Dhuha serta sholat Dzuhur berjamaah tidak luput dari pembiasaan yang rutin dilakukan pada setiap harinya,” tuturnya.

Di luar semua itu, lanjutnya, beberapa kegiatan ekstrakulikuler menjadi agenda SDN Karya Mulya 2. Di antaranya seperti olahraga, seni dan pramuka. Semuanya secara rutin digelar pada setiap minggu-nya. Karenanya tak heran deretan trophy piala tampak menghiasi ruang guru sebagai bukti berbagai prestasi telah berhasil diraih SDN Karya Mulya 2.

“Kami berharap dengan program tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas anak didik dan dengan kondisi sekolah semakin hijau. Tentunya hal ini akan membuat anak didik lebih nyaman lagi dalam mengikuti proses KBM,” pungkanya.(G-03/Cepy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here