Rayakan HUT ke-100, Damkar Kab Cirebon Gelar Lomba “Skill Competition”

0
502

Gragepolitan, CIREBON – Adu kemampuan bertitel “Skill Competition” digelar Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kab Cirebon dalam memeriahkan HUT ke-100 Damkar tahun 2019, Kamis (28/2/2019). Peserta diikuti petugas Damkar dari Kota Cirebon, Kab Majalengka, Kab Indramayu, Kab Kuningan dan Brebes serta Damkar Kab Cirebon sendiri selaku tuan rumah.

Acara yang berlangsung di halaman Kantor Damkar Kab Cirebon ini, juga dihadiri pihak swasta. Masing-masing dari Hotel Aston, PLTU dan Indocement.

Kepala Kantor Damkar Kabupaten Cirebon, Iis Iskandar, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian HUT ke-100 Damkar. Selain itu, juga bersamaan dengan HUT ke-69 Satpol PP dan HUT ke-57 Linmas.

“Tentunya ini menjadi salah satu upaya untuk peningkatan ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum) pelindung masyarakat (Linmas). Di mana hal ini melalui optimalisasi peran Damkar, Satpol PP dan Satlinmas guna mensukseskan pemilu serentak 2019, “katanya.

Ia menyebutkan, materi kompetisi yang dilombakan meliputi berbagai hal terkait keterampilan atau kemampuan petugas saat beraksi di lapangan. Seperti simulasi pemadaman api, menggulung selang hingga evakuasi korban.

Menurutnya, pada puncak acara tanggal 12 Maret mendatang, akan digelar upacara HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas secara bersamaan. Tujuannya untuk mendorong kinerja dilapangan khususnya Damkar sehingga lebih sigap dan siaga dalam penanganan kebakaran.

Agenda Skill Competition ini, lanjutnya,  sesuai dengan rencana Pemerintah Daerah Kab Cirebon yang salah satunya adalah meningkatkan capaian kinerja dalam penangan dan pencegahan kebakaran. serta mewujudkan kabupaten cirebon aman dari bahaya kebakaran.

“Seperti diketahui, sejalan makin banyaknya investor yang memilih lokasi usaha di wilayah Kabupatan Cirebon, tentu potensi terjadinya kebakaran juga akan meningkat. Karenanya kita harus sigap dalam mengantisipasinya,” pungkasnya. (Man/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here