Ratusan Santri MDT Berlaga di Porsadin Majalengka

0
576

Gragepolitan.com, MAJALENGKA -Ratusan santri Madrasah Diniyah Takmiyah (MDT) di Kabupaten Majalengka ikut berlaga dalam Pekan Olah Raga dan Seni antar Diniyah (Porsadin) tingkat Kabupaten Majalengka, yang dipusatkan di Kec Jatiwangi, Selasa (1/5/2018).

Kegiatan ini digelar pengurus cabang Forum Komunikasi Madrasah Diniyah (FKDT) Kabupaten Majalengka. Acara dibuka Bupati Majalengka H.Sutrisno dan Kepala Kemenag Majalengka H.Yayat Hidayat.

“Semenjak Saya menjadi Bupati Majalengka, madrasah diniyah di Kabupaten Majalengka terus mengalami peningkatan. Ini tentunya menjadi bukti kepeduliaan pemerintah dalam bidang keagamaan,”kata Sutrisno dalam sambutannya.

Ia menyebutkan, jumlah MDT saat ini tercatat ada 600 MDT di seluruh Kabupaten Majalengka, dengan jumlah santrinya mencapai 35 ribu dan gurunya 3000 orang.”Dalam memajukan MDT ini, diperlukan peran serta dan kerjasama dari semua stakholders.Tanpa hal itu sangat sulit diwujudkan jika hanya mengandalkan peran serta maupun bantuan pemerintah daerah,” ujarnya.

Menurutnya, terkait keberadaan MDT, pihaknya juga kini sudah memiliki MDT di tanah kelahirnya di Kecamatan Ligung.”Alhamdulillah Saya juga punya madrasah diniyah di desa saya di Kecamatan Ligung, dan saat ini sudah berkembang pesat,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Majalengka H.Yayat Hidayat mengatakan, fungsi MDT sendiri antara lain menyelenggarakan pendidikan agama Islam yang meliputi Al-Qur’an-Hadist,tajwid, aqidah, akhlaq, fiqh, sejarah kebudayan Islam, bahasa Arab dan praktek ibadah.”Kehadiran MDT sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama peserta didik yang masih belajar di sekolah dasar (SD) akan pentingnya ilmu pengetahuan agama Islam. Ini juga untuk bekal di masa mendatang, agar mereka menjadi pribadi beriman, bertaqwa, dan beramal sholeh,”paparnya.(ril/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here