PN Kota Cirebon Berkomitmen Laksanakan Permenpan 52/tahun 2014

0
275
gragepolitan

Cirebon, GRAGEPOLITAN –Seluruh Pengadilan Negeri  (PN) diwajibkan membuat zona integritas dan wilayah birokrasi bersih serta melayani. Hal ini sejalan dengan Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpani) Nomor 52 tahun 2014.

“Dengan adanya pembangunan zona integritas ini seluruh jajaran yang ada di PN Kota Cirebon agar mematuhi ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku. Terutama yang terkait dengan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN),” ujar Ketua Pengadilan Negeri Kota Cirebon, Moh.Muchlis, Rabu (24/5).

Ia menyebutkan, hal terpenting dalam pembuatan zona integritas dan wilayah birokrasi bersih dan bebas melayani ialah ada pada pelayanan publik. PN dituntut untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat yang mencari keadilan dan mencegah adanya tindak perkara KKN.

Menurutnya,alam mencegah tindak perkara KKN, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon sudah menyediakan berbagai sarana untuk mencegah tindak KKN. Salah satunya dengan melaunching aplikasi informasi perkara dan denda tilang serta SMSgate  way PN.

“Aplikasi ini merupakan salah satu implementasi dan inovasi dari kami di PN,” katanya.

Aplikasi ini, lanjutnya, sangat membantu masyarakat dalam mencari tahu tindak perkara apapun. Begitupun untuk denda tilang hanya dengan mobile berbasis android atau SMS gate way.  Dimana untuk mengetahui informasi perkara dan denda tilang, kini sudah dapat diunduh di Play Store, dan untuk SMSgate way, bisa kirim SMS ke nomor 085322020009.

Muchlis juga menjelaskan, penyelesaian perkara tilang sekarang sudah tidak lagi melalui persidangan. Akan tetapi sudah lebih praktis yakni dengan cara lihat, bayar, ambil.

“Lihat dipapan pengumuman di aplikasi android atau melalui SMSgate way, disitu sudah ditentukan pembayarannya, bayar dibank atau bayar melalui phone banking, begitu sudah ada bukti pembayarannya, datang ke kejaksaan negeri untuk mengambil barang buktinya,” paparnya.

Keuntungan dengan adanya aplikasi atau SMSgate way, masyarakat pencari keadilan dapat lebih cepat dalam memperoleh kepastian tentang nasibnya dan informasi perkaranya.

“Bagi masyarakat yang belum tahu akan aplikasi dan SMSgate way ini, secara bertahap kami akan memberitahu kepada seluruh masyarakat lewat persidangan atau lewat sosialisasi kepada masyarakat,” imbuhnya.(Sony/gragepolitan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here