Permohonan PHRI Tak Digubris, Pemkot Biarkan Cirebon Jadi Kota 1000 Hotel

0
639

Cirebon, GRAGEPOLITAN-Sebutan kota seribu hotel sepertinya kini layak disandang Kota Cirebon yang dalam kurun satu tahun terakhir pembangunan hotel baru terus bermunculan hampir di tiap sudut kotanya. Bahkan terkait banyaknya hotel baru tersebut, organisasi Perkumpulan Hotel dan Restoran Inonesia (PHRI) setempat sempat meminta Pemkot Cirebon untuk mengeluarkan moratorium pembatasan izin hotel baru.

“Secara resmi maupun lisan PHRI memang telah mengajukan permohonan agar perizinan untuk pembangunan hotel baru ini dibatasi. Bukan apa-apa, belakangan kami melihat jumlah hotel baru terus bermunculan hingga lambat laun berdampak kurang baik pada persaiangan. Terutama hal ini dirasakan bagi hotel-hotel kecil yang sudah ada,” kata Ketua PHRI Kota Cirebon, Imam Reza Hakiki kepada Gragepolitan, Selasa (20/9).

Ia menyebutkan, berdasarkan catatan PHRI Kota Cirebon, saat ini hotel di Kota Cirebon jumlahnya telah mencapai sedikitnya 40 hotel. Angka tersebut belum termasuk hotel-hotel baru yang tengah dan akan dibangun.

Karenanya pihaknya menyesalkan sikap Pemkot Cirebon yang hingga kini belum merespon permohonan PHRI untuk mengeluarkan moratorium perizinan hotel baru. Karena jika kondisi tersebut terus dibiarkan, yang di khawatirkan akan membunuh pebisnis hotel lainnya, terutama hotel-hotel kecil.

“Saat ini saja tak sedikit hotel melati yang bisa dikatakan sudah mati suri, kasihan mereka. Makanya kami dari PHRI tetap berharap ada pembatasan dari izin pembangunan hotel baru ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Cirebon, Dana Kartiman, mengatakan, Kota Cirebon saat ini memang telah menjadi primadona pelaku usaha jasa akomodasi (perhotelan). Hal ini tak lepas dari geliat perkembangan Kota Cirebon yang dipandang cukup strategis sebagai daerah wisata, termasuk penyangga obyek wisata di luar kota seperti yang ada di Kab Kuningan.

“Hotel di Kota Cirebon yang tercatat di kami saat ini, jumlahnya ada sekitar 70 hotel. Kemungkinan angka tersebut akan terus bertambah mengingat dinamika Kota Cirebon yang terus menunjukan peningkatan. Setahu kami, hotel-hotel yang ada sekarang okuvansinya bagus terus meningkat. Apalagi jika akhir pekan, semuanya rata-rata penuh oleh tamu,” kata Dana.

Menurutnya, terkait perizinan hotel pihaknya sama sekali tidak tahu menahu karena hal itu menjadi tugas intansi yang lain. Sedangkan pihaknya hanya sebatas bagaimana mengembangkan dan memajukan dunia kepariwisataan di Kota Cirebon.(G-01)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here