Peresmian BIJB Oleh Presiden Terkesan Dipaksakan, Kondisinya Hingga Kini Masih “Pabalatakan”

0
701

Gragepolitan.com, MAJALENGKA – Peresmian Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, terkesan dipaksakan. Pasalnya, hingga H-9 menjelang lebaran atau Kamis (7/6/2018), pekerjaan fisik BIJB, termasuk bangunan utama masih belum rampung dengan masih banyaknya aktifitas para pekerja proyek di mana-mana.

Pantauan gragepolitan.com di lapangan, sejak masuk pintu utama BIJB dari Jalan Raya Kertajati, pembatas jalur dari dan arah BIJB masih berupa tanah galian. Hal serupa juga di sisi kanan-kiri sepanjang jalur utama menuju bangunan utama BIJB, tampak gundukan tanah di mana-mana.

Begitupun pintu karcis utama masuk/keluar kendaraan, tampak semua pos masuk atau pun keluar, tengah dalam pengerjaan kerangka atap besi. Untuk taman, memang lebih mendekati ke bangunan utama BIJB tampak telah ditanami rumput dan pepohonan kecil.

Sesampai di bangunan utama BIJB atau yang menjadi terminal utama keberangkatan dan kedatangan, gundukan tanah dan bebatuan tampak masih berserakan persis di bibir atau teras utama jalur kendaraan. Begitu juga saluran atau drainase di depannya, masih belum selesai di kerjakan.

Bahkan di teras bangunan utama BIJB, sejumlah pekerja dengan menggunakan topi pengaman tampak sibuk mengerjakan fisik. Termasuk lantai teras yang sepenuhnya belum selesai.

Sementara itu, setelah beberapa hari belakangan warga dibebaskan memasuki area BIJB dengan tanpa mengenakan pengaman standar, pada saat kembali Presiden Jokowi datang usai kunjungannya ke Inramayu, pengelola memberlakukan penjagaan ketat. Sejumlah orang, termasuk Kapolres Majalengka AKBP Noviana Tursanurohmad, mendapat pemeriksaan petugas bandara, Kamis (7/6/2018).

Kapolres saat itu mempersilahkan petugas bandara untuk memeriksa tubuhnya menggunakan metal detector.

“Pemeriksaan ini sesuai dengan aturan SOP (Standard Operation Procedure) yang berlaku di bandara. Tujuannya untuk keamanan dan keselamatan yang berlaku di setiap bandar udara di seluruh Indonesia, maupun negara lain,” kata Kapolres.

Berdasarkan pantauan, Kapolres mengecek sejumlah tempat di antaranya ruang VIP Room Bandara BIJB dan Pos Pengamanan Bandara. Serta mengecek jalur yang dilalui oleh Presiden dan rombongan.(dik/Nano/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here