Pemprov Siapkan Beragam Pertunjukkan Budaya Sambut Seba Baduy 2018

0
792

SERANG, (Gragepolitan) – Ribuan warga Suku Baduy Dalam dan Luar bakal turun gunung membanjiri Kota Serang, Banten pada 21 April mendatang. Mereka datang untuk mengantarkan hasil bumi ke Gubernur Banten.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati, Seba Baduy 2018 akan dimulai dari Desa Kanekes ke Rangkasbitung (Kab. Lebak). Kemudian lanjut ke Serang (Provinsi) keesokan harinya. Tahun ini sepertinya sedikit berbeda, warga Suku Baduy juga akan mengunjungi Bupati Pandeglang.

Berikut urutan jadwal Seba Baduy: .
20 April – Kab. Lebak.
21 April – Kab. Pandeglang.
21 April – Kota Serang & Prov. Banten.
22 April – Kab. Serang.

“Itu bukan prosesi biasa. Masyarakat Baduy sudah melakukan kegiatan sejak ratusan tahun lalu. Prosesi Seba Baduy selalu menarik. Dari tempat tinggal mereka di Luewidamar, Bumi Kanekes, masyarakat Baduy berjalan kaki membawa hasil bumi,” ungkap Eneng Nurcahyati.

Mereka menyusuri persawahan, naik turun gunung, keluar masuk hutan dan kampung. Tujuannya Ibu Kota Provinsi Banten. Jarak tempuhnya sekitar 115 kilometer. Itu merupakan perjalanan spiritual suku adat Baduy. Sebagai penutup ritual Kawalu. Yaitu ritual berpuasa selama tiga bulan.

Eneng Nurcahyati memaparkan, tradisi itu dijadikan simbol atau identitas budaya di Provinsi Banten. Sebab, Banten merupakan salah satu daerah yang memiliki ragam budaya unik. Banten juga selalu menjaga kearifan lokal. Sejumlah persiapan dilakukan untuk menyambut warga Suku Baduy.

“Beragam pertunjukan budaya akan ikut disuguhkan. Mulai dari tari-tarian, marching band, wayang golek dan layar tancap dihadirkan. Pemprov Banten menyiapkan hiburan super meriah akan mewarnai perhelatan tersebut,” ujarnya. (05/Grapol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here