Pemilihan Ketua KADIN Jabar Alot, Gubernur Minta Kadin Ikut Sukseskan “Saudagar Jabar”

0
475

Gragepolitan, CIREBON – Pemilihan ketua umum (Ketum) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Barat sebagai salah satu agenda utama Musyawarah Provinsi (Musprov) ke-VII Kadin Jabar 2019 di Hotel Aston Cirebon berlangsung alot, Kamis (7/2/2019). Hingga Pukul 22.00 WIB, acara yang dibuka Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Pukul 09.00 WIB pagi ini belum juga memunculkan Ketum Kadin Jabar terpilih.

“Kemungkinan masih lama dan bisa dua putaran. Bahkan mungkin bisa molor hingga 3 jam,” kata Ketua Kadin Kab Cirebon, Ahmad Sudiono kepada gragepolitan.com.

Seperti diketahui, calon atau kandidat Ketum Kadin Jabar periode mendatang diikuti tiga kandidat. Masing-masing Boris Syaifullah, Rudy Rakian dan Tatan Pria Sudjana. Ketiganya memiliki kans yang hampir sama dengan didorong para pendukungnya.

Sementara itu, acara  secara resmi dibuka Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dengan ditandai pemukulan gong yang disaksikan Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita. Tampak hadir para pengurus pusat Kadin, Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati dan PJ Bupati Cirebon, Dicky Saromi.

Tema musyawarah tahun ini yakni “Meningkatkan Sinergitas Dunia Usaha Dalam Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Menuju Jabar Juara”,

Ditemui usai acara, Menteri perdagangan RI Enggartiasto Lukita mengatakan Musprov digelar berdasarkan ketentuan AD/ART Kadin Jabar. Kemudian dilaksanakan musyawarah provinsinya sesuai dengan jadwal.

“Atas digelarnya agenda ini, saya Apresiasi dan ditengah kondisi persaingan ekonomi global dan ketidakpastian kita mengharapk betul peranan dari para pengusaha, karena setiap persoalan pasti ada peluang, manfaaatkan peluang itu dengan tajam kita penuhi pasar dalam negeri dan kita tingkatkan ekspor,”harapnya.

Enggarpun menandaskan pemerintah akan memberikan support dan berbagai fasilitas untuk menopang itu.

Saudagar Jabar

Di tempat sama, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengucapkan selamat pemilihan untuk ketua Kadin baru, dirinya mengatakan provinsi punya program “Saudagar Jabar” itu adalah komitmen Pemprov Jabar agar peluang peluang ekonomi di Jawa Barat ini didahulukan kepada pengusaha pengusaha di Kadin Jawa Barat. Selain itu,  akan memaksimalkan berbagai peluang Ekonomi dengan membuat Program Saudagar Jabar.

“Ke depan Kadin Provinsi Jawa Barat akan menjadi mitra dalam Program Saudagar Jabar tersebut. Dengan adanya program itu, diharapkan dapat mendorong pertumubuhan Ekonomi di Jabar,”tandasnya.

Dalam menyikapi ketimpangan di Jabar, ada 5 langkah yang dilakukan oleh Pemda Provinsi Jawa Barat dalam mengatasi ketimpangan. Diantaranya, Memaksimalkan pembangunan infrastruktur, Pengembangan pusat industri baru, Peningkatan komoditas perdagangan, Pengembangan kawasan destinasi wisata, serta Pembangunan Jawa Barat sebagai provinsi digital.

Dikatakannya, secara umum Jawa Barat ini juara dalam pertumbuhan ekonominya baik realisasi investasi itu 116 triliun itu juara 1 se Indonesia 30% dari pertumbuhan.

“Insya Allah dengan komitmen saya sebagai gubernur pertumbuhan ekonomi akan makin maju di Jabar, “pungkasnya.(Cepy/gragepolitan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here