Pearl Jam dan Kesuksesan Album Ten

0
222

 

Pearl Jam sampai saat ini masih konsisten mengeluarkan maha karya nya, terakhir album GIGATON di keluarkan di 2020.

Mengulas memori ke tahun 90an kesuksesan PEARL JAM di awali dengan album (Ten) yang terjual 10 juta copy hanya di AS saja, jika kita telisik beberapa album fenomenal sesudah Ten yang terjual 10 juta copy ada album hybrid theory milik Linkin park dan penyanyi Adele dan disusul oleh baby one more time nya Britney spears yg laris hampir 11 juta copy di AS saja. Sumber: Billboard.

Mike mccready saat ditanya tidak menyangka penjualan album Ten bisa sefantastis itu, saya tidak membayangkan kalau album tersebut bakal diapresiasi oleh masyarakat setinggi ini, Kata Mike.

Album Ten milik pearl jam memberi angin segar di blantika musik grunge saat itu album ini mulai mendapat tempat dihati penggemarnya setelah kemunculan Nirvana dengan nevermind nya, dimana saat itu orang mengharapkan munculnya band band Top selain Nirvana dan adanya
Album Ten milik pearl jam ini sangatlah berbeda dimana Riff-riff gitar yang dibangun tidak sedistorsi band grunge yang lainya. inilah strategi Mike mccready dan stone gossard yang jadi kekuatan pembeda mereka dengan band grunge yang lain dengan ciri khas vocal Eddie vedder yang original dan kelak akan menjadi trend bagi para vokalis.

Setelah pearl jam mendunia lewat album pertama lalu mereka menggarap album kedua (VS) secara sound album ini sangat berbeda dimana album ini soundnya sangat terdengar mentah. Namun vocal Vedder lebih banyak menggeram dalam bernyanyi dibanding album pertama. Vs merupakan album paling keras dari segi musik dibanding album PEARL JAM yang lain.
Di awali dengan lagu pertama yang berjudul Go dengan gebukan drum yg sangat hingar bingar bertenaga dari seorang Dave Abbruzzese album ini sangat terdengar ganas dan liar!

Album VS th 1993 bak kacang rebus sangat laris manis saat itu dgn lagu hitz nya daughter, padahal lagu di album ini tidak ada video klip nya sama sekali.
Album vs mematahkan anggapan para pengamat musik kalau album tanpa video klip itu Omong kosong sama dengan bunuh diri ( gak bakal laku) tapi faktanya berbeda untuk band seperti PEARL JAM.

“Saya tidak mau orang menyukai band kami karena habis liat video klipnya yang keren super mahal ” ujar Jeff Ament. (Dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here