PAD Tak Penuhi Target, Wali Kota Sebut Covid-19 Penyebab Utamanya

0
199

Gragepolitan, CIREBON – Proyeksi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cirebon,  menurun drastis dari yang ditargetkan. Seperti sudah diduga, wabah atau pandemi Covid-19,  dituding menjadi penyebab utama dari turunnya PAD tersebut.

Turunnya PAD ini terungkap pada rapat Paripurna Penyampaian APBD Kota Cirebon tahun anggaran 2021, Pandangan umum Fraksi terhadap RAPBD tahun anggaran 2021 dan Tanggapan serta Jawaban Walikota Cirebon. Berlangsung di ruang Griya Sawala gedung DPRD setempat, tampak hadir Wali Kota Cirebon, H Nasrudin Azis, Sekda Agus Mulyadi dan para kepala SKPD serta pejabat lainnya.

Anggota Komisi 1 DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani, menyebutkan, memang sudah semestinya dalam kondisi seperti ini, Pemkot dimintanya untuk tidak terlalu mematok PAD pada tahun berikutnya. Hal ini berkaca pada tahun 2020, di mana PAD turun disebabkan masih berlangsungnya wabah Covid-19.

“Tentu jika pandemic nanti masih belum benar-benar hilang, akan berimbas kembali pada PAD. Makanya pemkot jangan coba-coba mematok terlalu tinggi, kalua nanti tidak mau dikatakan kembali tak memenuhi target,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Cirebon, H Nasrudin Azis, mengapresiasi DPRD Kota Cirebon yang telah memahami kondisi penurunan PAD akibat terdampak Covid-19. Berangkat dari PAD ini, pada tahun anggaran 2021 mendatang, pihaknya berjanji untuk memaksimalkan penggunaan anggaran secara efisien dan efektif.

“Sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat ditengah kondisi Covid-19 yang belum berakhir,” katanya. (Cepy/gragepolitan/PRTV.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here