Mudik/Arus Balik Lebaran, 10 KA Tambahan dan TNI/Polri Serta Anjing Pelacak

0
157
ilustrasi/net/gragepolitan

Gragepolitan, CIREBON – Sedikitnya 10 kereta api(KA) tambahan siap dioperasikan PT KAI untuk memperlancar arus mudik dan balik  lebaran tahun ini. Ke-10 KA tersebut untuk melayani rute dari Jakarta, Bandung menuju Cirebon, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

“Total tempat duduk yang disediakan melalui KA Tambahan Lebaran Ekstra ini perharinya mencapai 5.364 tempat duduk,” ujar Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi usai melaksanakan gelar pasukan Angkutan Lebaran 2019 di halaman kantor KAI Daop 3 Cirebon, Jl Siliwangi, Kota Cirebon, Minggu (26/5/2019).

Ia menyebutkan, tiket KA Tambahan Lebaran Ekstra ini sudah dapat dipesan sejak 24 Mei lalu. Caranya melalui aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Menurutnya, beroperasinya KA Tambahan Ekstra ini, total KA yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon sebanyak 94 perjalanan KA. Terdiri dari KA jarak jauh dan sedang serta 50 perjalanan KA tambahan (termasuk 10 perjalanan KA tambahan yang dijalankan dari Daop 3 Cirebon).

“Tahun ini, PT KAI Daop 3 Cirebon memperkirakan akan terjadi peningkatan total volume penumpang sebesar 4,7% dari 150.369 penumpang ditahun lalu. Yakni menjadi 157.501 penumpang pada masa Lebaran tahun ini,” katanya.

Sementara, terkait kesiapan lainnya, PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan tenaga keamanan Angkutan Lebaran dari internal (Polsuska dan security) serta eksternal (TNI/Polri). Sebanyak 150 tenaga Polsuska akan bertugas di atas KA dan di stasiun.

Begitupun 218 personel security akan menjaga di tiap stasiun dan aset KAI. Sedangkan tenaga eksternal dari TNI/Polri sebesar 96 personel termasuk 2 anjing pelacak (K-9) disiagakan untuk menjaga stasioner, parkir, dan jalur KA.

Sementara itu,  gelar pasukan ini menandai hari pertama posko KAI dalam rangka melayani masyarakat yang mudik dan balik menggunakan moda angkutan kereta api.

Pada musim Lebaran 2019, KAI menetapkan masa mudik Lebaran selama 22 hari yakni dari 26 Mei 2019 (H-10) hingga 16 Juni 2019 (H+10).

“Meskipun ini event rutin tahunan tetapi kami berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik. Ini sesuai yang dicanangkan Dirut PT KAI, dimana lebaran ininharus, super suksestentunya dari segi keselamatan zero accident, keamanan, service excellent, volume dan pendapatan akan naik dibanding tahun lalu,” pungkasnya. (Cepy/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here