Longsor di Majalengka Putuskan Jalur Nasional Dua Kabupaten

0
207

Gragepolitan, MAJALENGKA – Bencana tanah longsor terjadi di Kab Majalengka, tepatnya di Blok Cipadung Desa Sindangpanji Kec Cikijing, Senin (8/4/2019) malam. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun jalur nasional penghubung Kab Majalengka dengan Kab Kuningan lumpuh total karena badan jalan yang tertimbun longsor.

Sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat tidak bisa melintasi jalur tersebut. Karenanya petugas dari Polres Majalengka langsung melakukan rekayasa jalur agar aktifitas warga dari dan menuju Majalengka tak terganggu.

Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Senin sore. Material longsor menutupi badan jalan nasional tersebut.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Majalengka, material longsoran nutupi jalur tersebut di 11 titik. Untuk mengatasinya petugas menerjunkan sejumlah alat berat di lokasi.

“Hingga masih dilakukan pembersihan material yang menutupi jalan. Sampai saat ini memang baru tiga titik yang selesai,” ujar Bupati Majalengka, H Karna Sobahi, Selasa (9/4/2019).

Bupati meninjau lokasi bencana longsor dengan unsure Forkopimda Kab Majalengka lainnya. Tampak di antaranya Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono, dan Dandim 0617/Majalengka Letkol Arm. Novi Herdian.

“Ada sejumlah jalur alternatif yang bisa dilalui kendaraan roda empat kecil dan roda dua. Dari arah Kuningan ke Cikijing bisa melalui Darma – Desa Parung – Desa Karanganyar – Desa Cipulus – Cikijing Majalengka (Ciamis),” papar Kapolres.

Ia menyebutkan, sedangkan dari arah Cikijing ke Kuningan melalui Desa Cidulang – Cipulus – Desa Karanganyar – Desa Parung – Darma – Kuningan. “Jalan alternatif itu tidak bisa dilintasi kendaraan besar, seperti bus, fuso, truk besar. Untuk ke Cirebon bisa lewat jalur Cigasong, Rajagaluh,” ucapnya.(Sunarto/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here