LBH LINNUS Rayakan Ultah Ke 2

0
733

Gragepolitan.com/Jabar – Lembaga Bantuan Hukum Lintas Nusantara (LBH LINNUS) merayakan HUT yang ke Dua Tahun, acara itu digelar selama 2 hari, dari tgl 6-7 Oktober 2019, bertempat diVila kenni, Gunung salak endah, Desa gunung sari, kecamatan Pamijahan, kabupaten Bogor.

Turut di hadiri dalam acara itu, Ketua Dewan Pengawas,David Oktanto. Direktur Eksklusif,Gery Permana. Sekretataris Jendral, Aria Suryadinata. Bendahara Umum, H.Zaenal Mutakin dan Beberapa pemateri.

Acara itupun dibuka sekitar Pukul 13:00 WIB dengan mengangkat Tema “Memperkuat konsolidasi Untuk Gerakan Bantuan Hukum”. Sekitar 100 Anggota peserta yang mengikuti dalam Konsolidasi pelatihan Bantuan Hukum tersebut.

Yopri haryadi sebagai Master of Cremony, mengatakan seusai acara itu, bahwa, kegiatan ini untuk memperkuat Konsolidasi Bantuan Hukum. Ada istilah paralegal, artinya mereka yang melakukan pendampingan Hukum dan Advokasi, tetapi bukan pengacara.

“Tugas mereka adalah mengumpulkan data, informasi, fakta dan bersaksi. Sementara itu mereka juga bisa mendampingi orang-orang yang berperkara di pengadilan, hanya saja ini masih dalam ranah RUU,” jelasnya.

Paralegal tidak bisa dipungkiri, lanjut Yopi, karena dibeberapa Negara maju Masyarakat dapat mengadvokasi dirinya sendiri ketika mereka tidak mendapatkan hak.

“Ketika mereka punya alat bukti dan saksi, sudah bisa melakukan kegiatan itu. Baik di Kejaksaan maupun Kepolisian,” ungkapnya.

Seharusnya, lanjut Yopi, kegiatan ini adalah bentuk edukasi hukum yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah melalui Bagian Hukum.

“Harusnya ini pekerjaan pemerintah atau Kabag Hukum di Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mensosialisasi hukum kepada masyarakat bahwah. Agar masyarakat melek hukum,” tutupnya,”

Aria Suryadinata Sekjen LBH LINNUS, mengatakan. Dalam Rangka HUT yang ke 2 ini, Lembaga Bantuan Hukum Lintas Nusantara(LBH LINNUS) mengadakan Konsolidasi dan pelatihan bantuan hukum 2019 untuk advokat pembela umum dan paralegal Lembaga Bantuan Hukum Lintas Nusantara(LBH LINNUS)

“Kami mengadakan konsolidasi untuk gerakan bantuan hukum terhadap Masyarakat, yang berlatar-belakang yang berbeda, kami berupaya agar Masyarakat dapat memahami dari dasar hukum yang ada,” ujarnya

Aria juga berharap, Lembaga Bantuan Hukum Lintas Nusantara (LBH LINNUS) dapat memberikan pemahaman hukum terhadap Masyarakat.

“Saya berharap, untuk Anggota yang tergabung di (LBH LINNUS) dapat menyampaikan dan mengimplementasikan kepada Masyarakat dengan sebaik-baiknya,” tupnya.(dres)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here