Kasus Dugaan Penipuan Calon Haji, Kemenag Tak Tahu Menahu

0
502

Cirebon,  GRAGEPOLITAN-Kasus penipuan calon jemaah haji yang diduga dilakukan BMT “GI” bukanlah pertama kali.  Sebab pada tahun 2009 Lalu,  perushaan bersangkutan pernah dilaporkan sejumlah calon haji ke kantor Kemenag Kab Cirebon.

“Memang ketika itu saya sendiri belum bertugas sebagai Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU).  Tetapi setahu saya,  mereka pernah diadukan para calon jemaah haji karena masalah penyetoran. Nah sekarang muncul lagi hal serupa, tapi saya belum tahu apa ini kasus lama atau memang ada yang baru,” papar Kasi PHU Kemenag Kab Cirebon, H Sudirna, Senin (6/2).

Ia menyebutkan, kalau pun terjadi hal yang sama, kemenag sama sekali tidak tahu menahu. Selain BMT GI tidak terdaftar di Kemenag Kab Cirebon, hingga saat ini pihaknya juga belum mendapat pengaduan dari calon haji yang dirugikan tersebut.

Menurutnya, berbeda dengan kasus sebelumnya,  saat itu kemenag mendapat laporan. Namun karena memang masih ada kebijakan dana talangan dari bank akhirnye bisa diselesaikan.

“Nah untuk tahun ini istilah dana talangan untuk haji tersebut sudah tidak ada. Jadi yang jelas kalau kasus ini terjadi merupakan tanggungjawab BMT GI, ” tandasnya. (G-03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here