Karena Urusan MK, Gugatan Sengketa Pilkada Bogor Ditolak PN Cibinong

0
73

Gragepolitan, BOGOR – Majelis Hakim PN Cibinong menolak gugatan pasangan calon Bupati Bogor nomor urut 03, Ade Jaro-Inggrid Kansil. Penolakan tersebut disampaikan pada sidang di PN setempat pada Rabu (15/5/2019).

Dalam amar putusannya, gugatan perdata dengan nomor pokok 304/Pdt.6/2018/PN itu, Ketua Majelis Hakim Ben Ronald P. Situmorang  didampingi anggota majelis Tira Tirtona dan Andri Falahandika menyatakan menolak gugatan penggugat. Alasannya karena eksepsi dari tergugat dan turut tergugat tentang kewenangan absolut diterima majelis hakim.

“Majelis hakim berpendapat kewenangan yang berkaitan dengan sengketa Pilkada merupakan tugas pokok dan fungsi dari Mahkamah Konstusi,” kata Fitriari, SH dari Law Firm Usep Supratman, SH, MH, kuasa hukum Bupati Bogor Ade Yasin dalam keterangan persnya Kamis (16/5/2019).

Didampingi Rosadi SH dan Deni Firmansya, SH  dan Ikhsan Andrias, SH, Fitriati menjelaskan, putusan majelis hakim seusai dengan pertimbangan hukum yang diajukan pihaknya tentang kewenangan absolut dari pengadilan.  Dengan putusan tersebut maka  posisi Bupati Bogor dan Wakil Bupati Bogor yang sudah dilantik secara hukum tidak bisa diganggu gugat lagi.

“Kami mengucapkan terima kasih karena pertimbangan majelis hakim yang telah menerima eksepsi dari para tergugat dan turut tergugat tentang kewenangan absolut sehingga menimbulkan kepastian hukum bagi penyelenggara maupun peserta Pilkada yang akan datang,” paparnya.

Sementara itu Usep Supratman, S.H.,M.H., Wakil Direktur Bidang Advokasi dan Hukum Ade Yasin-Iwan Setiawan degan putusan majelis hakim maka proses sengketa Pilkda Kabupaten Bogor tahun 2018 telah berakhir.

“Saya apresiasi kepada masyarakat yang telah mempercayai lembaga peradilan termasuk putusannya baik di Mahkamah Konstitusi dan Pengadilan Negeri Cibinong,” ujarnya.

Wakil Ketua DPW PPP Jabar Bidang Advokasi dan Hukum ini juga mengapresiasi kepada masyarakat yang menjaga iklim yang kondusif di Kabupaten Bogor walau ada sengketa Pilkada di ranah hukum.

“Ini tandanya masyarakat Kabupaten Bogor sudah melek hukum dan tidak mudah di provokasi. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para paslon Pilkada. Kompetisi sudah selesai ayo bersama-sama Ade Yasin-Iwan Setiawan untuk bergangdengan tangan membangun Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Ade Jaro-Inggrid Kansil melaui Tim Advokasi Hukumnya menggugat KPU Kabupaten Bogor, Panwaslu Kabupaten Bogor, DPRD Kabupaten Bogor, Gubernur Jawa Barat dan Presiden RI melayangkan gugatan perdata ke PN Cibinong. Gugatan yang beregister perkara No. : 304/Pdt.G/2018/PN.Cbi.(le/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here