Jangan Ada yang Jadi Pahlawan..! Keberhasilan PSBB di Kota Cirebon Kuncinya Kompak

0
309
foto: dok dkis/gragepolitan.com

Gragepolitan, CIREBON – Berhasil tidaknya penanganan Virus Corona di suatu daerah, termasuk di Kota Cirebon tergantung kepada kesadaran masing-masing pihak. Tidak bisa dengan saling menyalahkan, tetapi bagaimana antara pemerintah dan masyarakatnya bahu-membahu bekerjasama sesuai perannya masing-masing.

Setidaknya hal ini yang kini mencuat pada pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Cirebon. Karena apa pun yang dilakukan pemerintah daerah setempat, akan tidak ada hasil maksimal jika tidak sejalan dengan masyarakatnya.

“Kami mohon agar semuanya bekerjasama dalam memerangi virus Corona ini. Sebab tentunya akan menjadi percuma manakala yang lainnya diam di rumah, atau mengikuti aturan PSBB dulu, sementara lainnya tidak. Tolong sadari ini, karena ini menyangkut keselamatan kita bersama,” ujar Wali Kota kepada para wartawan di sela rapat evaluasi pelaksanaan PSBB bersama Forkopimda, Sabtu (16/5/2020).

Wali kota menyebutkan, dirinya sangat memahami kesulitan ekonomi yang kini dirasakan masyarakatnya.Namun demikian, kesulitan ekonomi itu tentunya akan lebih parah jika ditambah dengan tidak terkendalinya wabah Virus Corona.

Karenanya dalam kesempatan tersebut, Wali Kota meminta agar semua pihak bersinergi dalam upaya meminimalisir penyebaran virus mematikan ini. Karena kalau semuanya terlambat, tidak bisa dibayangkan kondisi yang akan terjadi.

“Jadi mohon pada semuanya, kami tak membeda-bedakan agar tidak mementingkan kepentingan sendiri dulu. Mari kita lihat kepentingan bersama memerangi Virus Corona di kota kita tercinta ini,” katanya.

Pernyataan wali kota tersebut, tak lepas dari masih banyaknya mereka yang melanggar pada PSBB seekarang. Dengan beragam alasan, terutama kesulitan ekonomi mereka yang tetap ngotot tak mau dibatasi aktifitasnya.

Sementara itu,dalam rapat yang juga dihadiri Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan tingkat Kota Cirebon ini, dibahas masing-masing tugas serta fungsi tiap dinas. Hasilnya, pelaksanaan PSBB di Kota Cirebon masih belum maksimal, terutama karena masih adanya mereka yang membandel tetap melkukan aktifitas yang sifatnya bertentangan dengan PSBB.

Terpisah, hampir setiap hari tim gabungan, terutama Pol PP Kota Cirebon tak bosan-bosannya tiap hari turun ke lapangan. Mereka melakukan pendekatan dan memberi pemahaman kepada yang melanggar agar menghentikan aktifitasnya.(Cepy/dik/gragepolitan/PRTV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here