Ironis, Mau Lebaran Jalan di Sukabumi Selatan Ini Dibiarkan Seperti Kubangan Kerbau

0
219

Gragepolitan, SUKABUMI – Musim mudik lebaran tahun ini hampir tiba, namun lagi-lagi jalanan di Kab Sukabumi ini tak juga diperbaiki. Bahkan dari tahun ke tahun, kondisinya makin parah, terutama akses dari Jambatan Cimandiri di Padabenghar dan juga ruas jalan di hampir seluruh pelosok Sukabumi selatan.

Tak pelak hal ini pun menjadi keluhan banyak warga setempat, termasuk mereka yang tengah merantau di luar daerah. Mereka tak habis pikir dengan peran pemerintah setempat yang tak mampu mengatasinya.

“Mau nyaman bagaimana pulang mudik ke kampung halaman sendiri kalau setiap tahun kondisi jalannya begitu terus. Masa tak Pemkab setempat tidak bisa mengatasinya. Minimal kalau tak mampu dari APBD ya ajukan ke propinsi. Apa mungkin mereka bisanya hanya menunggu saja,” kata Kurni, seorang warga Sukabumi Selatan yang merantau di Bandung, Senin (27/5/2019).

Keluhan serupa terkait persoalan jalan rusak juga disampaikan Sapru warga Pajampangan yang tinggal di Tangerang. Menurutnya, kerusakan jalan dari dan menuju Sukabumi selatan, seperti halnya di jalur arah Lengkong selalu saja dibiarkan.

“Padahal kan jalan ini menjadi jalan utama dari dan menuju Sukabumi Kota. Belum lagi kerusakan jalan di kecamatan-kecamatan, misalnya di jalur Jampang Kulon-Cimanggu-Kalibunder hingga Sagaranten. Kasihan warga, jangankan hari biasa, mau lebaran saja kondisinya dibiarkan rusak parah,” ujarnya.

Sementara itu, kerusakan jalan yang notabene berstatus jalan kabupaten juga dikeluhkan warga di sejumlah kecamatan di Sukabumi Selatan. Mereka mengaku sudah berulangkali menyampaikan hal ini dalam berbagai kesempatan, namun hasilnya nihil.

“Termasuk pada Musrenbang kecamatan hingga tingkat kabupaten. Mana sampai sekarang jalan tetap rusak seperti kubangan kerbau,” ujar Ali warga Kec Kalibunder tak bisa menyembunyikan kekesalannya. (dk/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here