Inilah 10 Kota Terpanas di Indonesia, Dua Ada di Pulau Jawa. Cirebon?

0
12552
net/Grapol

BELAKANGAN ini suhu di Cirebon terasa panas sekali, terutama pada siang hari. “Panase Pool..!” , demikian kira-kira warga setempat berkata ketika terik matahari terasa sangat menyengat seperti di atas kepala.

Apalagi saat beraktifitas di luar rumah, saking panasnya mungkin di antara kita tiba-tiba ada yang ingin berdiri di depan pintu kulkas seharian? atau mencebur ke kolam dan berendam seharian.

Tapi jangan salah ya, panas di sini bukan karena panas suhu menjelang pilkada hehe…Ini panas begian dari fenomena alam. Karena wajar, Cirebon kan merupakan daerah yang berada di garis pantai panjang Laut Jawa.

Bersama Kota Surabaya, Cirebon menjadi satu-satunya kota terpanas suhunya di Pulau Jawa. Sedangkan di Indonesia, masuk pada urutan ke enam daerah terpanas.

Kembali pada suhu panas tadi, perasaan gerah karena kepanasan kerap menyergap siapa saja. Di antara kita mungkin dibuati tak nyaman beraktivitas dan merasa jadi cepat letih. Bahkan hanya duduk di depan komputer sebentar saja cepat terasa lelah.

Tak ada yang membuat  nyaman selain berada di ruangan ber-AC lalu makan ice cream sambil ngebayangin pasangan di samping…yuhuuuii.. 

Itulah yang kita rasakan jika cuaca di kota kita sudah mencapai 35 C. Memang banyak kota di Indonesia yang bahkan lebih panas dari itu. Apalagi pada saat musim kemarau. Hal semacam itu sudah menjadi lumrah. Keluhan dan rengekan para ABG akan terbaca hampir di semua status sosial media.

Hal ini bisa dimaklumi karena letak geografis Indonesia yang membujur di garis khatulistiwa. Dari barat hingga ke timur begitu simetris, berada di wilayah tropis.

Baiklah, mengutif dari bacaanpopuler.com, inilah 10 kota suhu terpanas di Indonesia, dan ternyata salah satunya adalah Cirebon.

  1. Pekanbaru, Riau

Kota Pekanbaru adalah ibu kota Provinsi Riau. Cuaca dikota yang bergelar Kota Bertuah ini rata-rata Suhu berkisar antara 32 – 36 C pada siang hari. Terutama pada saat matahari sedang berada di belahan utara bumi.

2. Dumai, Riau

Dulunya kota Dumai adalah kota terluas nomor 2 di Indonesia, setelah kota manokwari. Di kota ini suhu udara rata-rata berkisar 32 – 36 C setiap tahun. Terutama pada musim kemarau.

3. Surabaya, Jatim

Kota terbesar kedua di Indonesia, setelah Jakarta ini, termasuk kota yang sangat panas. Suhu dikota yang berlambang hiu dan buaya ini berkisar antara 31 – 34 C.

4. Pangkalan Kerinci, Riau

Ibu kota Kabupaten Pelalawan ini terletak di jalan raya Lintas Timur, Sumatera. Sehingga dikatakan kota ini sangat berpotensi untuk berkembang. Rata-rata suhu di kota ini 31 – 35 C.

5. Cirebon, Jawa Barat

Kota yang berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya ini termasuk kota yang sangat panas. Suhu berkisar antara 31 – 34 C.

6. Bengkalis, Riau

Kota yang terkenal dengan ikan terubuk ini wilayahnya mencakup daratan bagian timur pulau Sumatera dan wilayah kepulauan, dengan luas adalah 7.793,93 km². Kota ini termasuk kota yang sangat panas. Suhu rata-rata pada saat musim panas adalah 33 – 36 C.

7. Medan, Sumut

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dan kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Suhu di kota ini berkisar 30 – 35 C pada siang hari.

8. Limapuluh, Sumut

Limapuluh adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Indonesia. Kecamatan ini sekaligus pula menjadi ibukota dari Kabupaten Batubara yang baru. Suhu di kota ini rata-rata 31 – 34 C pada siang hari.

9. Sei Rampah, Sumut

Kecamatan Sei Rampah adalah sebuah kecamatan dan ibu kota Kabupaten Serdang Bedagai di Sumatera Utara. Kota kecil ini termasuk kota yang paling panas di Indonesia. Suhu rata-rata 30 – 34 C

10. Rantau Prapat, Sumut 

Rantau Prapat merupakan ibukota Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Indonesia. Rantau Prapat dilintasi oleh Jalan Raya Lintas Sumatera. Suhu di kota ini berkisar 30 – 34 C pada siang hari.

Kelihatannya kota-kota paling panas di Indonesia sebagian besar terletak di Sumatera. Khususnya pada Provinsi Riau dan Sumatera Utara. Beberapa kota di daerah lain kadang-kadang memang lebih panas dari kota-kota di atas. Namun tidak tidak permanen, hanya bersifat insidentil karena ada pergerakan angin panas yang melewatinya.(net/Dhik/Grapol)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here