Harga Bahan Pokok di Kota Cirebon Terus Naik, TPID Coba Kendalikan Dengan OP

0
346

Gragepolitan, CIREBON – Dalam beberapa pekan terakhir, harga bahan pokok di Kota Cirebon terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini pun kemudian memaksa Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon menggelar operasi pasar (OP) dengan harapan stabilitas harga menjadi terjaga/terkendali.

Operasi pasar digelar mulai Kamis (14/2/2019) di depan Pasar Kramat Kota Cirebon dengan menjual beragam kebutuhan pokok dengan harga murah. Di antaranya beras premium Rp 10.300/kg, telur ayam Rp 20.000/kg, minyak goreng Rp 10.000/kg, daging ayam Rp 29.000/kg, daging Rp 73.000/kg, dan lainnya.

“OP ini digelar selama dua hari atau hingga besok (hari ini, Red) dengan maksud untuk mencegah harga kian tak terkendali dan menstabilkannya. Selain itu melalui OP ini tentu diharapkan daya beli masyarakat dan ketersediaan stok pangan tetap terjaga,” kata Kepala KPwBI Cirebon M Abdul Majid Ikram.

Ia menyebutkan, dua faktor yang menyebabkan harga beras mengalami kenaikan yakni mulai masuknya masa tanam dan cuaca yang tidak mendukung. Diperkirakan sekitar baru Maret atau April baru akan memulai musim panen.

Menurutnya, harga bahan pokok yang dijual di OP memiliki selisih Rp 2.000 hingga Rp 3.000 dengan harga di pasaran. Perbedaan harganya bervariatif, namun dipastikan dijual di bawah harga pasar.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cirebon, Hj Ety Herawati tak memungkiri terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok bisa berdampak munculnyanya keresahan masyarakat. Karenanya Ia mengapresiasi langkah TPID dan KPwBI Cirebon dalam menstabilkan harga melalui OP tersebut.

“Kenaikan harga bahan pangan kerap menyulitkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Makanya merupakan langkah tepat dengan digelarnya OP ini. Kita bersama dengan pihak terkait akan selalu memantau dan melakukan langkah-langkah antisipatif jika terjadi lonjakan harga pangan yang bisa membuat masyarakat resah,” katanya.(Regi/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here