H Agus: Midang Cirebon Timur Kukuhkan Tahu Gejrot sebagai Warisan Budaya Tak Benda

0
1160

Gragepolitan, CILEDUG – Helaran budaya masyarakat wilayah Kabupaten Cirebon Timur akan menggelar acara “Midang Cirebon Timur” yang berisi atraksi budaya “Cai Diraga” dan Festival Tahu Gejrot asli Ciledug, bertempat di Alun-alun Kecamatan Ciledug. Event penyatuan budaya lima kecamatan di Cirebon Timur yakni Ciledug, Pabuaran, Pasaleman, Pabedilan dan Waled ini digelar selama dua hari, mulai Jumat (27/9/2019) sampai Sabtu (28/9/2019).

Donatur sekaligus Sponsor Tunggal acara Midang Cirebon Timur H. Agus Maksoem mengatakan, acara gelaran budaya “Cai Diraga” adalah prosesi percampuran tujuh bibit mata air yang ada di wilayah Cirebon, yang nanti di ambil dari sumur-sumur tua dan keramat yang ada di Cirebon Timur.

“Yang lebih penting lagi dalam event kali ini adalah penetapan Tahu Gejrot asli Ciledug sebagai warisan budaya tak benda yang diakui masyarakat Nusantara,” tandasnya.

Kegiatan yang bertujuan melestarikan warisan budaya leluhur tersebut juga akan dimeriahkan dengan beberapa kegiatan lainya seperti, lomba kaulinan budak, festival hadroh, penampilan pencak silat, beberapa tarian tarian tradisonal, tarian Cai Diraga, kunjung buyut, festival budaya, dongeng Sunda, larung Sungai Cisanggarung.

“Melalui acara Cai Diraga dan festival tahu gejrot ini, kita sebagai generasi muda sudah sepatutnya bisa melestarikan warisan kebudayaan dari nenek moyang kit, khusunya yang ada di Cirebon Timur ini, yang hampir kita lupakan. Semoga acara yang diselenggarakan oleh Midang juga bisa menjadi ajang silaturahmi kita dan bisa memperkenalkan juga mewariskan budaya ini ke generasi milenial saat ini,” katanya.

H Agus juga berharap melalui even ini, tahu gejrot sebagai kuliner khas Ciledug bisa dipatenkan oleh pemerintah. “Yang penting dalam acara ini adalah tahu gejrot sebagai warisan budaya yang harus dipatenkan sebagai kuliner khas Cirebon. Dan perlu diketahui, dalam Midang juga akan digelar acara makan tahu gejrot bersama masyarakat,” pungkas Dirut PT. Azimut ini. (Red/Grapol)