Gaess…! Ini Cara Menghindari Bahaya Pohon Tumbang Saat Berkendara

0
178
gragepolitan/dok Polres Ciko

SEJAK musim penghujan datang, peristiwa pohon tumbang cukup banyak kita dengar. Termasuk di Kota Cirebon yang masih hangat terjadi pada Senin (17/2/2020).

Jangan salah, bahkan mungkin di antara Anda pernah melihatnya secara langsung dan nyaris saja menjadi korban. Semoga pengalaman itu tak terjadi lagi pada kita dan akhirnya bisa berkendaraan lebih nyaman tanpa dibayang-bayangi rasa takut.

So..bagaimana cara kita menghindari dari bahaya pohon tumbang ini?

Mengutip dari Auto2000.co.id, potensi adanya pohon tumbang bias terjadi pada saat hujan deras disertai dengan angin kencang. Biasanya akan ada pohon tua atau bahkan billboad yang jatuh ke jalan atau area parkir kendaraan.

Nah, pohon tumbang dapat menimpa mobil Anda, baik saat berhenti untuk parkir atau saat berjalan. Kerena itu, Anda wajib ekstra waspada ketika menghadapi kondisi tersebut.

Ada beberapa cara untuk menghindari risiko-risiko merugikan dari fenomena alam di musim hujan ini. Seperti zaman now semua sudah serba modern, dan Anda bisa memantau perkembangan cuaca dari smartphone.

Bila memang situasinya dikabarkan akan ada hujan lebat dan potensi angin kencang, lebih baik tunda perjalanan Anda. Atau kalau tetap harus berkendara, Anda bisa atur saat yang paling aman, seperti tunggu hingga hujan lebat dan angin kencang reda.

Tidak sepenuhnya akurat dan tepat, namun paling tidak Anda bisa mengatur waktu perjalanan dengan baik. Manfaatkan pula peta digital untuk memilih rute yang relatif aman dari potensi macet akibat hujan atau risiko adanya obyek besar tumbang.

Anda juga bisa memantau kanal social media dari akun resmi polisi, media online, pengelola jalan tol, atau akun lain yang sering memberi info terkini mengenai lalu lintas.

gragepolitan/dok polres ciko

Namun bila kondisi hujan lebat disertai angin kencang terjadi di tengah perjalanan, maka Anda dituntut agar lebih fokus, meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kecepatan.

Kalau tiba-tiba di depan Anda ada obyek jatuh, seperti pohon atau tiang listrik, perhatikan arah jatuh dari obyek tersebut. Jangan panik dan tetap fokus ke jalan.

Bila jatuhnya tidak mengarah ke mobil Anda atau jalur jalan yang Anda lalui, cukup angkat kaki dari pedal gas sembari waspadai kondisi sekeliling mobil. Tidak perlu manuver menghindar atau mengerem mendadak bila tidak diperlukan.

Jika jatuhnya obyek ke arah mobil atau ke jalur yang akan Anda lalui, lakukan pengurangan laju dengan melakukan pengereman. Jangan panik dan sesuaikan daya pengereman dengan situasi yang berkembang.

Paralel dengan itu, pantau kondisi di belakang mobil via spion yang berlawanan dengan posisi obyek yang tumbang. Artinya, jika pohonnya tumbang dari sisi kiri, segera intip kaca spion mobil sebelah kanan. Begitu pula sebaliknya.

Kalau aman dan jika memang dibutuhkan, segera lakukan manuver menghindar ke arah berlawanan. Tapi jangan terlalu agresif karena biasanya kondisi jalan licin, dan sekali lagi pastikan kondisi jalan aman.

Saat sudah aman, tepikan mobil dan perhatikan apakah ada kerusakan terjadi di mobil Anda.

Bagaimana supaya tidak tertimpa pohon atau obyek lain seperti billboard dan tiang listrik saat parkir?

Jalan terbaik adalah mencari tempat parkir aman yang tidak berada di area terbuka, apalagi di bawah pohon rindang. Obyek besar yang rapuh rentan tumbang saat ada angin kencang.

Parkiran di dalam gedung merupakan yang paling aman. Atau kalau terpaksa di luar, perhatikan situasi sekitar dari risiko kejatuhan obyek.

Lantas, bagaimana bila akhirnya mobil Anda kejatuhan pohon atau obyek tumbang lain, baik saat berkendara maupun parkir?

Bila terkena saat menyetir mobil, pastikan Anda dan penumpang tidak cidera atau mengalami masalah apapun. Selamatkan barang pribadi seperti dompet dan ponsel, serta jangan memaksakan menyelamatkan barang lain seperti tas di bagasi.

Segera keluar mengingat potensi bahaya masih ada. Seperti tumbangnya pohon lain, adanya aliran listrik yang menimpa mobil, atau risiko kena tabrak mobil lain dari belakang.

Untuk yang kejatuhan di tempat parkir, dilarang mendekati mobil bila belum aman mengingat potensi bahaya lain seperti adanya aliran listrik. Cukup awasi mobil dari jarak yang aman untuk memastikan tidak ada tangan jahil yang mendekat.

Siapkan pula kebutuhan untuk klaim asuransi. Namun pastikan dulu di asuransi Anda ada klausul perluasan jaminan asuransi mobil terkait bencana alam.

OK… semoga kenyamanan berkendara saat musim hujan akan tetap terjaga..Selalu waspada dan berhati-hati..!.(Dik/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here