Festival Keraton Nusantara XI, Ribuan Orang Keraton se-Nusantara Akan Serbu Cirebon

0
924
Net/Grapol
TIDAK terasa, hanya tinggal hitungan hari, Cirebon dipastikan akan menjadi pusat perhatian ribuan bahkan jutaan pasang mata untuk menyaksikan gelaran akbar Festival Keraton Nusantara (FKN) XI, 15-19 September mendatang. Baik mereka yang datang langsung ke Cirebon untuk menyaksikannya, maupun melalui berbagai media massa yang memang agenda nasional ini akan diliput media lokal, nasional ataupun  internasional.
Bahkan, untuk peserta FKN XI nanti, selain akan diikuti para raja dan sultan se-Nusantara, juga sejumlah raja dan sultan dari luar negeri dijadwalkan bakal hadir mengikuti FKN ini. Kini berbagai persiapan pun terus dilakukan tuan rumah, khususnya Keraton Kasepuhan Cirebon untuk menyuseskannya.
Pada agenda besar FKN nanti, seluruh keraton nusantara peserta FKN XI, mereka akan menampilkan aneka seni dan budaya masing-masing. Karenanya, dipastikan selama penyelengaraan nanti, akan banyak tamu yang masuk ke Cirebon dan itu diharapkan akan berdampak pada pariwisata Cirebon.
Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadingrat, mengatakan, FKN XI akan diisi dengan gelar Seni Budaya Nusantara. Meliputi penampilan tradisional maupun kontemporer dan akan dimeriahkan juga Band “Barudak Tuna Netra Berkarya”.
“Di antaranya seperti pagelaran Kupu Tarung, Angklung Bungko, Tari Palagan Nyimas Gandasari, dan masih banyak lagi,” papar Sultan Sepuh, Senin (4/09/17).
Begitupun, gelar Seni Budaya Nusantara menjelang acara puncak FKN XI 2017 nanti, akan diisi beragam kegiatan lainnya. Seperti kegiatan workshop membatik, pameran fotografi dan workshop pembuatan topeng.
“Gelar budaya ini akan menggabungkan kreasi seniman muda di Cirebon,” ujarnya.
Sultan Sepuh berharap, gelaran akbar budaya ini akan membawa dampak ekonomi positif bagi warga Cirebon. Sehingga pada akhirnya, pariwisata di Cirebon akan semakin berkembang pesat sebagaimana keinginan bersama.
“Ribuan orang dari Kesultanan di seluruh Nusantara akan datang ke Cirebon. Tentunya akan ikut meningkatkan ekonomi bagi pelaku usaha di Cirebon,” pungkasnya.(Frans/Grapol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here