Disdukcapil Kuningan Buatkan e-KTP Untuk Orang Gangguan Jiwa

0
541
Ines/Grapol

KUNINGAN, (Grapol) – Untuk pertama kalinya petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuningan melakukan perekaman e-KTP khusus bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (OGDJ), Kamis (1/2/2018). Pada tahap pertama, sedikitnya enam OGDJ di Desa Ancaran Kec Kuningan mendapat kesempatan perekaman tersebut.

Tak mudah bagi para petugas untuk melakukan perekaman para ODGJ saat itu. Alhasil proses perekaman e-KTP tersebut berlangsung lebih lama dibandingkan terhadap warga normal pada umumnya.

“ Kami sudah terbiasa menangani warga yang lumpuh, namun untuk ODGJ ini baru pertama kalinya. Kendalanya sih seperti tadi ada yang susah dipoto bahkan hingga kabur. Untuk kondisi seperti ini perekaman bisa dilakukan untuk beberapa poin utamanya saja. Contohnya jika sudah ada yang bersedia melakukan sidik jari, maka untuk pemindaian retina mata tidak perlu dilakukan lagi,” kata Kasi Identitas Pendudukan Disdukcapil Kuningan Helmi Johar kepada Grapol usai perekaman.

Perekaman e-KTP bagi ODGJ ini, lanjut Helmi, dilakukan Disdukcapil atas permintaan para pegiat sosial yang tergabung dalam Jaringan Pengaman Umat (JPU) Kuningan. Helmi mengakui selama ini pihaknya kesulitan melakukan perekaman e-KTP terhadap ODGJ karena keberadaannya yang sulit terdeteksi.

“Perekaman e-KTP adalah hak seluruh warga negara Indonesia  tidak terkecuali termasuk  bagi para ODGJ. Hanya saja kendalanya, kami tidak mempunyai data para penderita gangguan jiwa ini sehingga perekaman pun sulit dilakukan,” ujar Helmi.

Helmi pun sangat mengapresiasi inisiatif JPU yang meminta untuk melakukan perekaman e-KTP yang bertujuan agar penderita ODGJ ini mempunyai dokumen kependudukan sebagai syarat  bisa mendapatkan pelayanan kesehatan seperti masyarakat lainnya.(Ines/Grapol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here