Disampaikan Pada FFTH Council Asia-Fasifik, 9 Negara Jadi Tahu Keunikan “Cirebon Smart City”

0
181

SEPERTI diketahui, “Cirebon Smart City” merupakan implementasi salah satu kota pintar unik karena mengutamakan kearifan lokal dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Hal inilah yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Iing Daiman di depan 9 perwakilan negara Asia-Fasifik yang menghadiri Forum FFTH Council Asia Pacific 2019, dalam acara Indonesia FIBERTalk 2019 di Hotel JW Marriott Jakarta, Kamis (24/6/2019).

Sebagai salah satu pembicara, Iing secara khusus mengangkat Cirebon Smart City dengan topik “Digital Infrastructure as a Smart City Enabler”.

“Acara tersebut adalah acara tahunan yang dihadiri oleh perwakilan dari 9 (sembilan) negara Asia Pasifik. Di antaranya perwakilan dari Malaysia, Jepang, Singapura, dan lainnya,” kata Iing.

Ia menyebutkan, acara tahunan ini bertujuan untuk mengakselerasi implementasi dan penetrasi akses serat optik kepada seluruh konsumen dan organisasi. Tujuannya untuk menyajikan dan menggunakan layanan Broadband melalui update dan sharing pengetahuan.

“Kota Cirebon sangat mendukung akselerasi pengembangan dan penggunaan Serat Optik yang dilakukan oleh para provider khususnya di wilayah Kota Cirebon,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan karena Pemerintah Daerah Kota Cirebon mengakui bahwa Serat Optik sebagai salah satu Infrastruktur Digital yang dapat membantu mengakselerasi implementasi Cirebon Smart City.

“Khususnya dalam penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi baik untuk layanan pemerintahan maupun layanan publik untuk masyarakat,” pungkasnya.(Cepy/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here