Dilepas Plt Sekda, Besok 335 Calhaj Kota Cirebon Diterbangkan ke Tanah Suci

0
160

Gragepolitan, CIREBON – Sedikitnnya 335 calon jemaah haji Kota Cirebon Kloter 74 JKs diberangkatkan ke tanah suci pada musim haji tahun ini. Keberangkatan mereka secara resmi dilepas Plt Sekda Kota Cirebon, H Anwar Sanusi di Makorem 063/SGJ, Jl Brigjen Dharsono (by pass), Kota Cirebon, Minggu (28/7/2019).

Jumlah calon jemaah haji tersebut, belum termasuk 5 petugas haji yang ditugaskan Kantor Kementerian Agama (Kemenag).

Pada tahun ini peserta haji termuda dari Kota Cirebon yakni Khoitul Iman berusiab 18 tahun asal Kec Kejaksaan. Sedangkan usia tertua yaitu Saidi berusia 89 tahun dari Kel Kalijaga, Kec Harjamukti.

Kloter 74 jks Kota Cirebon akan bergabung dengan jamaah haji kota Depok sejumlah 58 orang dan Kota Bogor 11 orang. Mereka akan diterbangkan ke tanah suci pada 30 juli 2019 dengan menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines dan akan dipulangkan kembali pada 9 september 2019 mendatang.

Dalam sambutannya, Plt Sekda berpesan, agar para calon jemaah haji dapat melaksanakanlah ibadah haji dengan tertib dan penuh kekhusuan, selalu mentaati aturan dan jadwal yang telah ditetapkan pemerintah arab saudi serta mengikuti petunjuk maupun panduan yang telah dberikan oleh panitia penyelenggara ibadah haji.

“Selain itu,  para jamaah harus menghormati aturan ketentuan serta budaya yang berlaku d negara Arab Saudi. Hendaknya menjauhi dari tindakan yang tidak terpuji  dan tudak melakukan hal yang dilarang otoritas pemerintah setempat serta tidak terprovokasi oleh isu-isu yang belum jelas kebenarannya,” tandasnya.

Untuk menghindari itu semua, masih kata Anwar, jamaah haji dari Kota Cirebon  hendaknya mengkonsentrasikan diri dalam beribadah yang merupakan tujuan utama kedatangan ditanah suci.

Tidak lupa, Anwar mengingatkan para calon jamaah haji agar menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan segala situasi. Mulai dari perbedaan kondisi ,cuaca, budaya, adat istiadat dan perbedaan bahasa.

“Diperlukan persiapan fisik dan mental untuk menjadi perhatian para jamaah disertai strategi pengelolaan waktu istirahat, agar stamina tidak terporsir sehingga dapat mengakibatkan kondisi kesehatan dan mental menurun pada saat rangkaian kegiatan Ibadah haji mencapai puncaknya,” paparnya.

Hal lain yang disampaikan plt Sekda yaitu, agar para calon haji menghilangkan sikap egois, mau menang sendiri dan benar sendiri. Diapun meminta untuk membuang jauh sikap arogan dan meremehkan orang lain.

Sementara, mewakili Kepala Kantor Kemenag Kota Cirebon, Kasubag TU, H Aan Fadulanhar mengatakan, tahun ini sebanyak 335 ditambah 5 petugas haji diberangkatkan.(Cepy.gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here