Dikawal 400 Petugas, Potensi Wisata “Kirab Cap Go Meh” Vihara Dewi Welas Asih Cirebon Disesaki Ribuan Warga

0
462

KIRAB Budaya “Cap Go Meh” digelar komunitas Tiong Hoa Cirebon, Jumat (2/3/2018). Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga mulai padati beberapa rute yang akan dilewati arak-arakan dengan megambil start dari Vihara Dewi Welas Asih Jalan Yos Sudarso Kota Cirebon.

Sekira Pukul 14.00 WIB, rombongan mulai bergerak menyusuri Jalan Pasuketan-Pekringan-Parujakan-Jagabayan-winaon-Kebumen-dan kembali berakhir Vihara Dewi Welas Asih. Antusias warga tampak terlihat di sepanjang rute yang dilewati.

Dalam kirab ini, 52 rangkaian kirab yang diantaranya terdapat 16 joli. Mereka mulai bergerak mengular dengan disaksikan ribuan pasang mata. Para pedagang dadakan hampir memenuhi sekitar Vihara Welas Asih memanjang sampai Jalan Pekiringan.

Terkait kirab ini, Polres Cirebon Kota melakukan rekayasa lalu lintas dan menutup ruas jalan yang dilewati rombongan kirab.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid melalui Kabag Ops, Kompol Purnama, menyebutkan, seluruh rangkaian kirab mendapat pengamanan dari pihak kepolisian dibantu TNI dan Ormas. Tujuannya untuk mengantisipasi kerawanan dan demi kelancaran Kirab Cap Go Meh pada tahun ini.

“Sedikitnya 400 personil kami siagakan untuk mengamankan kirab ini. Mereka terdiri dari  200 personil Polres Ciko dan  200 personel gabungan dari unsur TNI, Dishub dan ormas,” katanya didampingi Kasatlantas, AKP Rezkhy Satya Dewanto.

Ia menyebutkan, beberapa titik akhir mengalami pengalihan arus. Karenanya pihaknya menghimbau untuk mematuhi arahan para petugas di lapangan.

“Beberapa anggota sudah terfloating di beberapa titik untuk melakukan pengalihan arus Lalu-Lintas. Kami juga meminta maaf kepada masyarakat untuk ketidaknyamanan sehubungan dengan dilakukannya penutupan beberapa ruas jalan,”pungkasnya.(Cepy/Grapol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here