Dengan “Ijut/Jitu” Desa Mirat Makin Mengkilap

0
915
Nano/Grapol

SEJAK menjabat tahun 2014 lalu, Kepala Desa (Kades) Mirat Kec Leuwimunding Kab Majalengka, Amat, terus melakukan pembenahan. Mulai rehab total kantor desa hingga melengkapi sarana dan prasarana (sarpras) juga pembangunan insfrastruktur lainnya.

Hasilnya, kantor Desa Mirat yang dulu belum begitu tertata, kini berkat tangan dinginnya disulap menjadi kantor desa yang lebih representatif. Tiap ruang kerja aparatur desa dilengkapi AC, furniturnya pun sangat memadai sesuai dengan kantor desa yang menonjolkan keeleganan.

Di dalam pemerintahannya,  Amat mengusung Visi Inisiatif, Jujur, Usaha dan Tawakal (IJUT). Namun belakangan visi tersebut rangkaian katanya dirubah menjadi JITU.

“Tadinya visi Desa Mirat yang saat ini saya pimpin IJUT namun diganti jadi JITU untuk menghindari tanggapan orang yang kontra karena mungkin Kata IJUT dalam bahasa sunda mengandung arti tak senonoh atau porno. jadi Kata IJUT diganti susunan katanya jadi JITU tapi tetap maknah tujuannya sama,” kata Amat didampingi Sekdes setemoat, Irwan Suganda, Rabu (6/12/2017).

Ditambahkannya dengan menerapkan visi tersebut pembangunan di Desa Mirat semakin signifikan. Belum lagi saat ini program-program bantuan dana untuk pembangunan desa. Baik dari pemerintah pusat, provinsi dan juga pemerintah kabupaten terus mengalir.

“Seperti Alokasi Dana Desa (ADD), Bantuan Gubernur (Ban Gub), Dana Desa (DD) dan bantuan lainnya. Tinggal kita sebagai pemerintah desa mengalokasikan dana -dana bantuan tersebut dengan baik sesuai prioritas pembangunan desa yang masuk dalam musyawarah perencanaan dan pembangunan (Musrenbang) desa,” tuturnya.

Hal yang sama dikatakan Ketua BPD Mirat, Mukhlisin. Menurutnya, Pemdes Mirat selalu mengedepankan musyawarah mufakat dalam segala hal dengan melibatkan lembaga-lembaga desa yang ada. Sehingga selama ini kegiatan desa selau transfaran.

“Pemdes dan Lembaga desa selalu harmonis sehingga selama ini tidak ada miss komunikasi, kita selalu bersama-sama menjalankan pembangunan desa”, ujarnya.(Nano/Grapol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here