Dari Tari Topeng Cirebon, Melanglang Hingga 29 Negara

0
1363

SEJAK lampau ragam kebudayaan dan kesenian Cirebon sudah dikenal luas hingga ke manca negara. Dari sekian banyak kesenian tradisional yang dimiliki, salah satunya yang hingga kini masih lestari dan makin berkembang adalah tari topeng Cirebon yang terkenal itu.

Secara turum temurun, tari topeng Cirebon diwariskan kepada setiap generasinya hingga generasi saat ini dan seterusnya. Hal ini tentunya tak lepas dari kecintaan dan konsistensi para seniman seni tari topeng Cirebon, sebut saja salah satunya seperti tokoh sekaligus seniman tari topeng Losari, Nur Anani M Irman.

Berkat ketekunannya dalam melestarikan seni tari  topeng yang digelutinya sejak usia 3 tahun,  kini Ia telah berhasil mengantarnya berkelana ke berbagai penjuru dunia. Sedikitnya tercatat 29 negara telah disinggahinya dengan agenda tunggal tampil membawakan tari topeng Cirebon.

Berbagai penghargaan pun telah Ia terima, seperti dari Presiden Megawati dengan predikat anugerah penari terbaik. Tak berhenti sampai disitu, pada jaman kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) penghargaan berupa Satya Lencana berhasil didapatkannya. Bahkan berbagai penghargaan serupa dianugerahkan banyak kedutaan besar kepada sosok penari topeng Losari ini.

“Saya berangkat ke luar negeri, tentu dengan motivasi agar bisa membawa harum nama Cirebon di kancah internasional,” katanya kepada gragepolitan, Kamis (22/9).

Saat ini, setiap hari dirinya membimbing sedikitnya 150 penari muda yang belajar menari topenng di sanggarnya. Sanggar tersebut Ia dirikan dengan kerja keras dan hasil jerih payahnya sendiri.

Ketika disinggung mengenai event terbaru, Nur mengatakan bahwa dirinya belum lama ini telah dipercaya dan ditunjuk oleh Kemendikbud sebagai duta pegiat budaya dengan 45 seniman lainnya mewakili Indonesia untuk berangkat ke Selandia Baru.

“Allhamdulilah terpilih setelah menyisihkan 1900 peserta lainnya, termasuk  didalamnya ada nama Nungki Kusumastuti,” katanya.

Lebih jauh Nur mengatakan bahwa dirinya beserta rombongan akan berada di Selandia Baru dari tanggal 10 November hingga tanggal 4 Desember 2016 mendatang.Nur Anani berharap dirinya dapat menampilkan kemampuan terbaiknya sehingga bisa memikat warga sana untuk mengenal dan berkunjung ke Cirebon.(gragepolitan/Cepy).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here