Dari Apel Pergeseran Pasukan, Polres Cirebon Kota Kerahkan 5.143 Personil Gabungan

0
116

Gragepolitan, CIREBON – Sebanyak 5.143 personil gabungan dikerahkan Polres Cirebon Kota untuk mengamankan pemungutan suara Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 yang akan berlangsung Rabu (17/4/2019). Jumlah tersebut masing-masing anggota Polres Kota 719 orang, BKO polda 212  (Polairud, Brimob), Reskrim, Intel Polda, TNI Kodim Kota/Kab 100 personil dan juga diback up Linmas 4.112 orang.

“Hari ini kami menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS dan BKO Pada Pemilu 2019 di Wilayah Polres Cirebon Kota. Setelah itu mereka langsung menempati posnya masing-masing,” kata Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy usai memimpin Apel Serpas Pam TPS dan BKO Pemilu 2019 di depan Balaikota Cirebon Jl Siliwangi, Senin (15/4/19).

Hadir pada kesempatan tersebut, Walikota Cirebon, H Nashrudin Azis, Dandim Kota Cirebon, Letkol Inf Heri Rustanto, Direktur Polairud Polda Jabar, Kombes Pol Widi Handoko, dan Kasatpol PP Kota Cirebon, Andi Armawan.

Kapolres menyebutkan, pihaknya langsung mengarahkan masing-masing personil sesuai plotingannya  menuju masing-masing TPS. Begitupun yang ada di PAM terpadu diarahkan untuk segera menuju ke lokasi TPS.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk mengenali situasi sekitar tempat mereka bertugas. Baik itu potensi kerawanan, maupun untuk saling beriteraksi sesama rekan tugasnya sehingga bisa saling berkomunikasi.

“Dari situ tentunya mereka akan lebih mengetahui apa yang harus dikerjakan dan yang tidak boleh dikerjakan,” ujarnya.

Di Majalengka

Sementara itu, hal serupa juga dilakukan Polres Majalengka. Kegiatan dipimpin langsung Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono.

Tampak hadir Dandim 0617/Majalengka yang diwakili Kasdim Mayor Inf. Subandi dan Wakil Bupati Majalengka, Tarsono serta unsure Forkpimda lainnya. Dijajaran lain ikut menyaksikan, Ketua KPU Kabupaten Majalengka, Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka, dan Kasatpol PP.

“Saya ingatkan kembali bahwa pengamanan TPS ini merupakan rangkaian dari kegiatan kita mengamankan pemilu tahun 2019. Sebagai suatu pesta demokrasi yang diselenggarakan untuk memilih pimpinan nasional maupun perwakilan legislative,” kata Kapolres.

Ia menyebutkan, langkah-langkah yang bersifat nasional maupun lokal termasuk tingkat Polres telah dilaksanakan. Termasuk telah melakukan Cipta Kondisi dan memberikan tindakan ataupun langkah-langkah preventif di lingkungan masyarakat.

“Mulai dari himbauan, pendekatan dan penggalangan masyarakat mampu berpartisipasi dan mendukung serta memiliki rasa kepercayaan bahwa pemilu tahun 2019 ini berjalan dengan lancar, aman dan kondusif,” ucapnya.

Menurutnya, pada pergeseran pasukan nanti sasarannya titik tempat pelaksanaan kegiatan. Terutama tempat yang paling penting dan krusial dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019.(Cepy/Sunarto/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here