Bupati Majalengka Launching “Desa Tangguh Raharja” Cegah Covid-19

0
139

Gragepolitan, MAJALENGKA – Bupati Majalengka, Karna Sobahi melaunching Desa Tangguh Raharja cegah Covid-19 di Desa Liangjulang Kecamatan Kadipaten, Rabu (24/6).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, dengan dibentuknya desa tangguh ini, diharapkan bisa menjadi pilot projek dalam upaya pencegahan Covid-19. Sehingga hal serupa dapat diikuti desa-desa lainnya di Kabupaten Majalengka.

“Dengan adanya launching desa tangguh ini, kembali membangkitkan kultur kebersamaan atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat. Lebih dari itu diharapkan tentunya
bisa menangkal Virus Corona, ” ujar Bupati.

Ia menyebutkan, seperti diketahui, akibat adanya wabah Covid-19 membuat goyah pembangunan di Kabupaten Majalengka. Penyebab utamanya karena semua anggaran tidak bisa dijalankan sebagaimana rencana awal.

Menurutnya, baik dari APBD Kabupaten Majalengka, maupun yang bersumber dari pusat dan propinsi seperti halnya DAK, digunakan untuk Covid-19. Namun semua itu semata-mata semuanya untuk membantu kehidupan rakyat.

“Kita tidak akan menyerah dalam menghadapi pandemi Covid ini. Di antaranya bagaimana kita memghidupkan lagi PKL, pasar, hotel, restoran, objek wisata dan lainnya. Ya tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. Saat ini kita berada di PSBB proporsional akan menuju AKB,” bebernya.

Pada bagian lain, Bupati menyebutkan, Pemkab Majalengka sudah menjalankan tata kelola peraturan sesuai aturan prosedur, petunjuk dari pusat dan provinsi. Seperti cara merefousing anggaran untuk kepentingan Covid-19.

Kemudian bagaimana tata cara melakukan pencegahan termasuk menyediakan tempat cuci tangan, memakai masker dan jaga jarak dengan berbagai cara agar terhindar dari wabah. Serta secara khusus dilakukan pendampingan dengan kejaksaan negeri Majalengka tetkait anggaran Covid-19 ini.

Sementara itu, Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso, menyampaikan, pembentukan Kampung Tangguh atau Desa Tangguh Raharja ini sebagaimana diperintahkan Kapolri.

“Dengan digagasnya desa tangguh ini maka akan menumbuhkan kembali rasa gotong royong di masyarakat. Kita harus bergerak bersama secara produktif dan inovatif demi kemakmuran bersama menuju Majalengka Raharja,” tandasnya.(Eka/gragepolitan/PRTV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here