Besok Puasa Ramadhan Hari Pertama, Ini Tips Sehat Berpuasa Sebulan Penuh

0
288
ilustrasi/net/gragepolitan.com

HARI pertama puasa Ramadan tahun ini, dimulai Jumat (24/4/2020) besok. Sudah siapkah kita..? Bagi Anda yang menjalankannya, ada banyak hal yang tentu harus dipersiapkan, terutama untuk urusan kesehatan. Apa saja persiapan puasa Ramadan yang harus dilakukan? mari kita simak bersama ulasannya.

Mengutif artikel dari sehatq.com, persiapan puasa Ramadan dari segi kesehatan, selain dari segi spiritualitas, persiapan puasa Ramadan juga menyentuh sisi kesehatan dan stamina tubuh. Bagaimana tidak, selama berpuasa, waktu makan dan waktu tidur kita tentu akan berubah.

Jika tidak menyiapkan diri dengan baik, bisa-bisa puasa Ramadan kita akan terasa sangat sulit untuk dilalui. Akibatnya, entah tubuh bisa jadi terasa sangat lemas, mengantuk berat, serta keluhan lainnya yang berpotensi mengganggu produktivitas.

Jadi…agar puasa Ramadan tahun ini dapat berjalan lancar dan tanpa masalah, simak persiapan puasa Ramadan yang perlu kita lakukan, berikut ini.

1. Makan makanan sehat dan bergizi

Salah satu persiapan puasa Ramadan yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kesehatan dan stamina tubuh dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi.
Upayakan untuk memenuhi asupan nutrisi harian tubuh yang berasal dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, dan susu.

Dengan tercukupinya seluruh nutrisi tersebut, Anda dapat mempertahankan stamina dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini artinya, Anda pun dapat terhindar dari infeksi penyakit selama berpuasa.

Jadi, pastikan untuk melakukan persiapan puasa Ramadan satu ini sejak jauh-jauh hari sebelum melaksanakan puasa hari pertama, ya.

2. Hindari makan gorengan, makanan asin, dan makanan tinggi gula

Bagi orang yang melaksanakan puasa, makan hidangan yang berminyak, bercita rasa asin, dan mengandung tinggi gula tentu rasanya menyenangkan. Meskipun makanan-makanan tersebut dapat memanjakan lidah dalam waktu sesaat, kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.

Selain kenaikan berat badan dengan mudah, mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula dapat menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Anda juga perlu membatasi makanan dengan asupan garam tinggi, terutama saat sahur, karena dapat meningkatkan rasa haus.

Sebagai solusinya, cobalah memasukkan makanan sehat dan bergizi, termasuk sayuran, buah-buahan, dan daging merah dalam menu sahur dan berbuka puasa. Konsumsi makanan tinggi serat selama puasa Ramadan sangat disarankan karena jenis makanan tersebut lebih lambat dicerna oleh tubuh. Dengan ini, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

3. Memperbanyak asupan air putih

Perbanyak konsumsi air putih merupakan salah satu persiapan puasa Ramadan
Tetap cukupi asupan air putih 8 gelas per hari.

Minum banyak air putih bertujuan untuk mengurangi risiko dehidrasi selama berpuasa, terutama saat waktu sahur dan berbuka puasa.

Cairan termasuk jus, susu, makanan berkuah, juga dapat membantu memenuhi asupan cairan dalam tubuh, tetapi air putih tetap pilihan utama minuman terbaik.

Tak hanya itu, Anda juga harus mengurangi minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan minuman soda. Sebab, jenis minuman tersebut memiliki efek diuretik atau dapat menyebabkan buang air terus menerus sehingga meningkatkan kehilangan cairan dalam tubuh Anda.

4. Pastikan tidak melewati waktu sahur

Salah satu hal yang disarankan dalam menjalankan ibadah puasa adalah makan sahur. Sebab, dengan makan sahur tubuh akan memiliki tenaga untuk bertahan hingga waktu berbuka puasa tiba saat sore hari.

Sahur memiliki peran penting untuk membuat tubuh tetap memiliki energi dalam menjalankan berbagai kegiatan selama seharian penuh.

5. Jangan makan berlebihan saat waktu buka puasa

Tak sedikit orang yang makan berlebihan saat waktu buka puasa. Semua menu makanan yang ada di meja makan rasanya ingin dicicipi karena penasaran dengan rasa dari makanan tersebut. Selain itu, beberapa orang menjadikan berbuka puasa sebagai momen untuk balas dendam setelah seharian berpuasa.

Faktanya, makan berlebihan saat berbuka puasa dapat berisiko membahayakan tubuh Anda. Makan terlalu banyak dan konsumsi makanan berlemak tinggi secara berlebihan saat berbuka puasa dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan peningkatan berat badan.

6. Mengubah pola tidur

Persiapan puasa Ramadhan selanjutnya adalah mengubah pola tidur. Jika kualitas tidur Anda masih saja buruk menjelang puasa pertama, berbagai gangguan kesehatan bisa saja terjadi. Mulai dari mengantuk, tubuh lemas, pusing, hingga sakit kepala. Kebiasaan buruk tersebut bukan tidak mungkin membuat Anda membatalkan puasa.

Jadi, agar Anda tidak lagi tidur terlalu malam, hindari kegiatan yang dapat mengganggu waktu tidur. Misalnya, main ponsel, menonton film, atau membaca buku.

7. Melakukan olahraga

Olahraga secara rutin juga dapat dilakukan sebagai persiapan puasa Ramadan. Jalan santai bisa jadi pilihan olahraga untuk mempersiapkan puasa Ramadan. Berolahraga secara rutin akan membuat tubuh lebih siap dalam menghadapi puasa Ramadhan.

8. Konsultasikan diri ke dokter

Meski ada berbagai manfaat puasa untuk kesehatan yang bisa didapat, nyatanya tidak semua orang dapat menjalaninya. Terutama, apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Secara umum, ada beberapa kondisi kesehatan yang sebaiknya tidak direkomendasikan untuk berpuasa, antara lain:

Orang lanjut usia yang perlu dipertimbangkan kondisi tubuhnya. Orang dengan kondisi medis tertentu, seperti tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, penyakit ginjal kronis, atau diabetes tipe 2. Orang-orang yang memiliki masalah dengan gula darah. Wanita yang sedang hamil, serta ibu menyusui. Orang yang mengalami gangguan makan, orang yang baru saja sembuh dari infeksi penyakit tertentu atau baru saja selesai melakukan prosedur operasi.

Demikian, ulasan dalam mempersiapkan menyambut puasa Ramadan agar kita bisa melaksanakannya dengan lancar hingga sebulan penuh nanti. Selalu jaga kesehatan.. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADAN..!.(dik/gragepolitan/artikel ini sudah tayang di sehatq.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here