Besok, 60 Raja dan Sultan se-Nusantara Bakal Hadiri Penobatan Sultan Sepuh XV

0
247

Gragepolitan, CIREBON – Sedikitnya 60 raja dan sultan se-Nusantara, bakal menghadiri Jumenengan atau acara prosesi pengukuhan Sultan Sepuh XV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Luqman Zulkaedin, Minggu (30/8/2020) besok. Acara digelar sekaligus tahlil 40 hari wafatnya Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA H Arief Natadiningrat.

Selain para raja dan sultan, tamu lainnya yang sudah mengkonfirmasi kehadiarnnya, yakni Gubernur Jawa Barat, H Ridwan Kamil, para pejabat pemerintah pusat, dan sejumlah kepala daerah serta pimpinan pondok pesantren dan para kiai sepuh serta sesepuh keraton.

Seperti disampaikan juru bicara Keraton Kasepuhan Cirebon, Pangeran Chaidir Susilaningrat pada awak media di Taman Goa Sunyaragi, Jumat (28/8/2020) sore. Prosesi Jumenengan akan dimulai bada dzuhur atau sekitar Pukul 12.30 WIB hingga selesai.

Ia menyebutkan, mengingat saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, acara akan dilangsungkan secara sederhana dengan jumlah tamu dibatasi. Dalam pelaksanaanya penerapan protokol kesehatan mejadi perhatian untuk dilaksanakan secara ketat.

“Sesuai arahan pemerintah, kami menyepakati acara ini diadakan secara terbatas dan tidak besar-besaran. Sedangkan diundangnya para raja dan sultan se-Nusantara, karena Gusti Sultan Sepuh XIV sampai saat terakhir masih menjabat selaku ketua FSKN. Sehingga para raja dan sultan kami undang. Tidak lupa juga kita undang pimpinan pondok pesantren, para kiai sepuh dan sesepuh keraton, ” sebutnya.

Sementara, acara jumenengan sendiri digelar merujuk pada prosesi penganugerahan saat diberi anugerah gelar PRA kepada Luqman Zulkaedin sebagai putra mahkota. (Cepy Sukmana/gragepolitan/prtv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here