BLACK SABBATH Resmi Bubar Tahun Ini

0
413

GRUP band heavy metal Black Sabbath yang di sebut sebut juga sebagai pelopor cikal bakal black metal, memutuskan untuk tidak lagi berkarier bersama. Mereka mengumumkan keputusan itu melalui akun Facebook resmi milik Black Sabbath.

Seperti di lansir dari Huffington Post, band asal Inggris itu mengunggah gambar dengan tulisan Black Sabbath 1968-2017. “#TheEnd,” begitu keterangan yang tertulis di unggahan tersebut.

Pengumuman ini keluar setelah sang vokalis Ozzy Osbourne dan manajemen mengatakan mereka telah menggelar konser terakhirnya, bulan lalu di kota asal mereka, Birmingham. Konser itu bagian dari ‘The End Tour,’ tur terakhir Black Sabbath yang dimulai sejak Januari 2016.

Band yang terkenal dengan lagu Paranoid itu akhirnya benar-benar berpisah setelah menjalani karier bersama selama hampir 50 tahun. Isu perpecahan Black Sabbath sebenarnya sudah santer terdengar sejak 2015. Ketika itu mereka membatalkan penampilan yang disebut sebagai konser perpisahan, di Jepang.

Setelah itu, Black Sabbath seakan mempersiapkan perpisahan mereka dengan para penggemar.

Mereka membuat konser perpisahan bertajuk The End Tour dengan total 81 penampilan. Sebanyak 41 di antaranya digelar di Amerika Utara, 26 di Eropa, tujuh di Amerika Selatan dan tujuh di Oceania.

Black Sabbath juga merilis sebuah album mini terakhir yang diberi judul The End, bagi para fan. Album itu hanya tersedia saat mereka tampil dalam rangkaian ‘The End Tour.’

Selama bersama, Black Sabbath telah mengeluarkan 19 album. Band itu beranggotakan Ozzy, Tony Iommi sebagai gitaris dan pencipta lagu, Geezer Butler sebagai pemetik bass, dan drummer Bill Ward. Posisi Ward kemudian digantikan oleh Tommy Clufetos.

Berpisahnya Black Sabbath membuat para penggemar merespons dengan berbagai reaksi.(Andrian/gragepolitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here